10 Kategori Terbaik Di Mateng, Menerima Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah 2023

Penyerahan piagam penghargaan oleh Sekkab Mateng, Dr Askary Anwar kepada pemenang lomba Inovasi. Foto: Jamal

MATENG, FMS - Sepuluh inovatif kategori terbaik di Mamuju Tengah (Mateng) menerima penganugerahan hasil lomba Inovasi Daerah tahun 2023. 

Lomba Inovasi yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Mateng dengan melombakan dua kategori yakni antar perangkat daerah dan kategori perangkat desa yang diikuti puluhan peserta. 

Penghargaan diterima sesuai hasil penilaian oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar sebagai tim penilai lomba inovasi.

Kepala Bappeda Litbang Mamuju Tengah, Litha Febrianti dalam sambutannya mengatakan, lomba inovasi daerah merupakan agenda penting yang harus dilaksakan.  

Kepala LAN Makasar Dr Andi Taufik, didampingi Kepala Bappeda Litha Febrianti menyerahkan piagam penghargaan pemenang lomba Inovasi daerah.
Hal itu berdasar pada peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang inovasi daerah dan peraturan Bupati Mamuju Tengah nomor 12 tahun 2022 tentang sistem inovasi daerah, yang mewajibkan setiap perangkat daerah berinovasi setiap tahunnya. 

Menurut Litha, lomba inovasi di Bumi Lalla Tassisara' hingga saat ini berjalan sesuai harapan dan diharapkan tahun mendatang dapat berjalan lancar. 

Sebagian besar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Mateng saat ini telah mengikuti program inovasi secara baik, begitupun antusias masyarakat yang ikut serta berkolaborasi dengan pemerintah desa setempat. 

"Sehingga menghasilkan kegiatan yang lebih tepat sasaran dengan mengefesiaenkan penggunaan anggaran melalui sumber daya yang ada" jelas Kepala Bappeda Litbang Mateng dalam sambutannya di Aula Kantor Bupati Mateng, Jumat (29/9/2023).

Sambutan Kepala Bappeda Litbang Mateng, Litha Febrianti.
Juga disampaikan, program inovasi juga dapat menghapuskan ego sektoral, yang kadang muncul ketika salah satu instansi diminta untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan tugas dan fungsinya dilapangan. 

Dihadapan ratusan peserta,  ia tak lupa menyampaikan rasa syukur atas capaian hasil inovasi di Mateng, di tahun 2020 lalu, telah meraih penghargaan Innagara Eword dari LAN sebagai salah satu dari tujuh daerah secara nasional yang berkomitmen serius menjalankan inovasi.        

Tahun 2020 daerah Mateng hanya mendapat nilai tiga dengan predikat kurang inovatif pada Innovative Goverment award, namun tahun 2021 terjadi peningkatan nilai indeks 38,41 dan tahun 2022 naik peringkat menjadi 50,56. 

"Hal ini menjadi skor indeks inovasi tertinggi di Provinsi Sulawesi Barat dan sekaligus meraih predikat sebagai kabupaten Innovative di indonesia," jelasnya.

Diakhir sambutannya, ia menyampaikan rasa terimaksih kepada selutruh pihak yang turut serta maensukseskan lomba inovasi kali ini.  

"Inovasi ini sangat dibutuhkan kerja keras, dengan penuh tanggung secara bersama untuk menciptkan masa depat yang lebih baik bagi daerah Mamuju Tengah," ucapnya 

Berikut pemenang lomba Inovasi daerah tahun 2023, untuk kategori antar perangkat daerah atau unit kerja: 

peringkat pertama Bappeda Litbang dengan judul inovasi Pelari Ide, kedua Badan Keuangan berjudul Sipendapa' PBB-P2 Online, Bappeda Litbang dengan judul Si Pemantik, keempat BKSDM inovasi Bankom Creaation dan urutan kelima diraih Kecamatan Biudong-Budong yang berjudul Makampa yang disingkat selamatkan kawasan pantai.

Untuk kategori organisasi perangkat desa diraih Desa Kire yang berjudul Dipamer, disusul Desa Tobadak berinovasi Kera Sakti -5, Tabolang dangan karya Gempiz  Bumilbaduta, urutan keempat Komunitas Masyarakat YATC yang inovasinya berjuddul YATC Sahabat Tani-8 dan urutan kelima diraih Desa Salugatta dengan inovasi berjudul Empat Aspek Desa Salugatta.   

Selain Kepala Bappeda Litbang Mateng, Litha Febrianti, SE,. M.Si  turut hadir, Kepala LAN Makassar DR Andi Taufik, Sekkab Dr H Askary Anwar mewakili Bupati Mateng sekaligus membuka acara, Pimpinan OPD, Kabid Penelitian dan Pengembangan, Bappeda Litbang Nasyrah Azis S.pi M.Si,  Camat Kepala Desa dan undangan. (jml)

Related

MATENG 69754834593384588

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini