Pj Bupati Mamasa Akan Pindahkan TPA Sampah Salubue Ke TPA Salurano


Mamasa, FMS--Persoalan tempat pembuangan sampah di Mamasa selalu saja menjadi sorotan. Misalkan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang ada di Salubue, Desa Mellangkena Padang, Kecamatan Mamasa. 

TPA tersebut kerap dikeluhkan oleh masyarakat lantaran bau busuk yang ditimbulkan.

Padahal, Mamasa sebenarnya memiliki TPA sampah yang berada di Desa Salurano, Kecamatan Tanduk Kalua. Namun rupanya TPA itu belum difungsikan sama sekali.

TPA tersebut dibangun menggunakan anggaran Kementerian Kehutaan dan Lingkungan Hidup (KLHK) pada tahun 2015 silam.

Bangunan tersebut begitu megah dengan berbagai peralatan modern yang dapat mengola limbah sampah lebih baik.

Masyarakat berharap agar TPA sampah saat ini yang berada di Salubue, segera dipindahkan ke TPA sampah Desa Salurano.

Merespon persoalan sampah itu, Pj Bupati Mamasa, Yakub F. Solon meninjau bangunan TPA sampah Desa Salurano, Jumat (1/12). 

Ia menyampaikan, dirinya meninjau langsung kedua TPA sampah tempat tersebut setelah mendengar keluhan masyarakat yang disampaikan melalui anggota DPRD Mamasa. 

"Beberapa kali pihak dewan mengeluhkan kondisi penampungan sampah yang sudah meresahkan warga di Desa Melengkena Padang  untuk segera dipindahkan ketempat yang lebih baik yang ada di TPA sampah Desa Salurano, dan ternyata benar bahwa TPA sampah ini lokasinya dan bangunan sangat bagus hanya saja tidak ada dirawat selama ini," ucapnya.

Ia mengatakan setelah melakukan peninjauan lokasi dan bagunan TPA sampah saat ini, pihaknya akan mengadakan rapat bersama dengan beberapa OPD terkait untuk mengupayakan pembenahan. 

"Sebentar kami akan rapat dengan beberapa OPD seperti PUPR, Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Perumahan dan Badan Pengelola Keuangan Daerah untuk secepatnya melalukan pembenahan. Kita harus benahi lalu kita pindahkan penampungan sampah ini," katanya. (klp)

Related

MAMASA 6518406716737980579

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini