‎Pemukiman Warga di Desa Polewali Terancam Erosi

PASANGKAYU, FMS - Pemukiman warga di Desa Polewali, Kabupaten Mamuju Utara (Matra) kini terancam erosi Sungai Martajaya. Sejumlah warga di Dusun Muliosari ini akan kehilangan tempat tinggal jika pemerintah tidak segera memberi solusi.

Sulaiman warga setempat mengatakan, erosi makin parah setelah debit air Sungai Martajaya bertambah karena diguyur hujan beberapa hari ini. Selain menghanyutkan tanaman warga, rumah miliknya juga sudah berjarak sekira dua meter dari bibir sungai. 

"Bapak lihat saja, jarak bibir sungai sekitar 2 meter dari rumah, diperkirakan dua bulan sudah roboh ke sungai, kalau pemerintah tidak segera memberi solusi. Belum lagi kalau malam, kami gelisah apalagi kalau hujan kembali mengguyur, " kata pria yang akrab disapa Gonrong ini, Sabtu (24/9).

Menaggapi keresahan warganya, Kepala Desa Polewali Mujais menginginkan, pihak Pemerintah Daerah Matra bisa segera menangani persoalan tersebut, jika tidak, sejumlah warganya akan kehilangan tempat tinggal.

Apalagi kata dia, sungai itu hanya berjarak sekira 12 meter dari jalur Trans Sulawesi. Kondisi sungai kata Kades juga telah pernah ditinjau dan diukur oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Matra. Namun, hingga kini belum juga terealisasi. 

" Kami berharap ini bisa menjadi perhatian sebab jika tidak, sejumlah warga kami akan kehilangan tempat tinggal,"ujarnya saat dikonfirmasi lewat via selulernya. (Ardi)

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item