Pengembangan Wisata Air Terjun Kalando Bakal Disuntik Rp1,5 M

Mamuju Tengah, fokusmetrosulbar.com -- Dirjen Pengembangan Kawasan Perdesaan (PKP) Kemendes PDT Trans, tahun ini akan mengucurkan dana bantuan Rp.1,5 miliar untuk Pemkab Mateng.

Anggaran tersebut bakal digunakan untuk pengembangan kawasan wisata air terjun Kalando di Desa Tabolang Kecamatan Topoyo. Kepala bidang pariwisata, Disparpora Mateng Sujarno mengatakan, wisata itu rencana dibangun Oktober 2017.

"Bantuan APBN yang akan dikucurkan ke Mateng sedang tahap proses. Kita sedang menunggu asistensi dari Kemendes.  Rencananya sih Rp1,5 M, tapi jumlah itu bisa saja bertambah atau berkurang," ucap Jarno diruang kerjanya siang tadi, Selasa (16/5).

Wacana itu juga disampaikan saat pembukaan Safari berburu di kawasan air terjun, Minggu (14/5). Kata dia, infrastruktur pendukung akan dibangun dan disekitarnya juga ditata. Seperti akses jalan di Dusun Kalando bakal dibangun sepanjang 750 meter.
Jarno berharap pengembangan kawasan wisata itu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Warga di Bumi Lalla Tassisara itu akan diberi kesempatan untuk memanfaatkan sumber daya alam dan komoniti yang ada. "Semoga rencana ini dapat berjalan mulus sesuai harapan," ungkapnya.

Untuk menjaga pelesterian alam, pihaknya akan berdayakan potensi pemuda, penduduk dan kelembagaan yang ada. Selain itu akan memperkuat jalinan kerjasama dengan organisasi lokal. Semua itu merupakan keharusan ditubuh pariwisata.  "Keterlibatan stakeholder dalam mengelola, memelihara, serta menjaga objek wisata merupakan kunci keberhasilan bersama," tutupnya. (jml/riz)

Related

MATENG 7918568580912667392

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini