Jelang Hari Qurban, Wahdah Islamiyah Mamuju Lakukan Survei Sapi

Mamuju, fokusmetrosulbar.com--Jelang pelaksanaan qurban hari raya Idul Adha 1438 Hijriah, panitia qurban DPD Wahdah Islamiyah dan pengurus Masjid Al Ihsan Mamuju, mulai melakukan survei sapi. Survei dilakukan untuk menyeleksi sapi dan kambing mana yang layak serta memenuhi syarat sebagai hewan qurban.

Ketua Panitia Qurban Wahdah Islamiyah Mamuju, Ali Akbar mengatakan, pemotongan hewan qurban tidak boleh dilakukan sembarangan. Namun, prosesnya harus dilakukan secara halal dan memenuhi persyaratan hygiene sanitasi, sehingga memenuhi syarat daging aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH).

“Untuk menghindari daging sapi dan kambing yang mengandung bakteri, residu obat, hormon, cemaran logam berat, cemaran pestisida dan cemaran zat berbahaya serta bahan-bahan atau unsur-unsur lain yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia, kami memperketat proses seleksi hewan qurban, untuk memenuhi syarat daging yang ASUH,” terang Ali Akbar, Senin (14/08) di Mamuju.

Dikatakan, daging yang memenuhi syarat ASUH dipastikan aman untuk dikonsumsi, karena tidak mengandung virus dan bibit bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Tahun ini lanjut Ali Akbar, panitia qurban DPD Wahdah Islamiyah Mamuju, menargetkan minimal 16 kelompok peserta qurban, dengan kualifikasi satu kelompok terdiri dari tujuh orang dengan nominal dana pembelian hewan qurban Rp. 1, 6 juta per orang, sementara untuk kualifikasi kambing Rp. 1, 5 juta untuk satu orang.

Ditanya soal pengadaan hewan qurban, panitia mengaku akan mendatangkan hewan qurban dari luar kota Mamuju, seperti Panamba, Pokkang, Tasiu, Tommo dan Salukaha. Selain itu, panitia DPD Wahdah Islamiyah Mamuju memastikan akan menghindari hewan yang diternakkan secara liar dalam kota Mamuju. (har)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 3671436902569118407

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item