Kabar Gembira untuk Warga Mateng, BSPS Akomodir 375 RTLH

Salah satu rumah sasaran bantuan stimulan perumahan swadaya (Foto: Jamal Tanniewa/FMS)
Mateng, fokusmetrosulbar.com -- Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kecamatan Budong-Budong Kabupaten Mateng, Sulbar, mulai rampung. Realisasi pengerjaan sudah mencapai 65 persen.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Mateng, Jasman memprediksi kegiatan akan rampung sesuai target. "Kita upayakan setelah kegiatan selesai BSPS lanjut tahap II," jelasnya.

Menurut Jasman, bantuan peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menelan anggaran Rp.4,95 miliar. Dana tersebut mampu mengakomodir 375 unit RTLH. Sebelumnya kuota penerima bantuan hanya 320 unit. Tapi terjadi perubahan dan pembayaran disesuaikan tingkat kerusakan. Rusak berat mendapat bantuan Rp15 juta. Kerusakan sedang Rp10 juta dan rusak ringan Rp7,5 juta. Setelah dibagi ternyata masih ada kesisahan anggaran. "Makanya ada penambahan 55 unit RTLH," jelasnya.
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Mateng, Jasman. (Foto: Jamal Tanniewa/FMS)
Kata Jasman, seluruh penerima bantuan menyebar di Desa Lumu dan Babana. Setelah rampung 100 persen, program peningkatan kualitas RTLH itu akan berlanjut tahap II. Jumlah rumah yang diusulkan sebanyak 600 unit. "Tapi ini hanya sebatas mengusulkan saja, soal realisasi bergantung pemerintah pusat. Kedua desa itu masih diprioritaskan sebagai penerima tahap II",  tandasnya.

Terpisah, penerima BSPS Rasyid (56) mengaku senang mendapat bantuan. Meski hanya karegori sedang namun program itu dianggap sangat membantu. Dengan modal Rp10 juta Ia dapat membenahi rumah miliknya. "Syukurmi ini karena sudah bisa rehab rumah," singkatnya.  (jml/riz)  

BERITA LAINNYA

MATENG 3929179697633811087

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item