3 Desa di Matra akan Gelar Pilkades Serentak

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Desa (DPMPD) Matra, Arfan Lasibe. (Foto: Edison S)
Mamuju Utara, fokusmetrosulbar.com-- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) kembali akan dihelat di Kabupaten Mamuju Utara Provinsi Sulbar. Kali ini tiga desa yang akan melaksanakan perhelatan tetsebut, diantaranya Desa Doda Kecamatan Sarudu, Desa Tampaore Kecamatan Bambaira dan Desa Lilimori Kecamatan Bulutaba. Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Desa (DPMPD) Matra, Arfan Lasibe, Senin (11/09).

"Bulan Oktober tahun 2017 ini, kami akan mengadakan Pilkades di tiga desa, yaitu Desa Doda, Desa Tampaore dan Desa Lilimori", kata Arfan.

Untuk tahapan pelaksanaan, Arfan Lasibe menjelaskan saat ini telah berjalan, dimana panitia lima telah membuka pendaftaran penerimaan Bakal Calon (Balon).

"Tahapan telah berjalan dan beberapa pendaftar di tiga desa tersebut telah dikantongi Panitia 5", ujarnya.

Usai dilakukannya pendaftaran, lanjutnya, akan dilaksnakan seleksi administrasi Balon dan segera dilakukan tes. "Bersamaan dengan itu, saat ini juga sementara dilakukan perampungan DPT di masing-masing desa," katanya.

Selain itu, Arfan juga menjelaskan tantang aturan UU No 06 tahun 2014 tentang desa. Dirinya juga menjelaskan bahwa untuk tahun 2018 kedepan tidak ada desa yang akan melaksanakan Pilkades.

"Sesuai UU, dalam 6 tahun hanya tiga kali Pilkades secara serentak akan dilaksanakan di setiap kabupaten," tuturnya.

Ditanya mengenai rencana pemekaran desa, Arfan menjelaskan, saat ini ada 18 desa yang diusulkan untuk dilakukan pemekaran, namun monatorium dari pusat tentang larangan kabupaten memekarkan desa belum dicabut dan provinsi belum mengeluarkan register.

"Kami belum tahu berapa desa yang akan disetujui oleh pusat untuk dimekarkan, dan saat ini kami telah mengusulkan 18 desa", tutupnya. (mg2/har)

BERITA LAINNYA

PASANGKAYU 3860187294266012974

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item