Gua Belum Terjamah Manusia Ditemukan Warga Tabolang

Mateng, fokusmetrosulbar.com - Warga Desa Tabolang Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah, menemukan sebuah gua yang tak kalah menawan dengan gua lain. 

Gua yang masih misterius itu terletak di Dusun Jenetallasa, tak jauh dari kawasan wisata air terjun Kalando. Penemu gua, Rahmin Mahrul mengatakan, dalam gua terdapat genangan air mirip sumur. Namun kedalamannya belum dipastikan sebab belum diteliti secara mendalam. Termasuk panjang gua masih tanda tanya," ungkap Ketua Sadar Wisata Desa Tabolang itu, Selasa (31/10). 

Kata Rahmin, fenomena alam sekitarnya sangat indah dan menakjubkan. Daerah tersebut belum terjamah sehingga terlihat masih sangat alami. Olehnya pemerintah Desa Tabolang bersama Dinas Pariwisata Mateng, diharapkan segera mengembangkan potensi wisata itu. 

Menurut Rahmin, di Tabolang kini terdapat dua gua. Yang satu bernama Gua Manamoni terletak di Paragogo Dusun Kalando. Kedua gua memiliki daya tarik tersendiri dan berpotensi menjadi destinasi wisata.  

Penemuan gua dibenarkan perangkat Desa Tabolang, Supardi. Ia bahkan langsung menuju gua itu setelah menerima kabar dari warga. Namun akses jalan menuju lokasi belum tersedia. Jarak gua dari jalan poros berkisar 3 kilometer.   

"Saya sangat kagum menyaksikan eksotis gua itu. Ruangannya sangat indah dan terdapat lubang berisi genangan air. Beberapa warga menduga sumur itu tembus ke laut," terang Supardi.   
Kepala Desa Tabolang Rustam, berniat mengembangkan potensi wisata alam didesanya. Dua gua yang ditemukan warganya segera dikembangkan, namun kelestarian alamnya tetap dijaga. "Harapan kami aset kekayaan alam Desa Tabolang ini, jadi kunjungan wisata," kata dia saat ditemui.   

Kepala Bidang Pariwisata Sujarno, mengaku sudah menerima informasi terkait penemuan gua di Tabolang. Daerah itu telah dicatat sebagai salah satu obyek wisata yang akan di kembangkan. 

"Salah satu gua itu bernama Tanamoni. Tapi gua yang baru ditemukan belum memiliki nama," jelas Kabid Pariwisata.

Selain Desa Tabolang juga terdapat Gua Kalong di Desa Sanjango Kecamatan Karossa. Tak jauh dari tempat itu juga terdapat Gua Tujuh Pintu. "Ini juga akan dijadikan wisata alam di Mateng," jelasnya. 

Menurut Sujarno, di Mateng tercatat beberapa destinasi wisata alam. Selain gua ada juga air terjun, hutan mangrove dan terumbu karang. (jml/riz)

BERITA LAINNYA

MATENG 5347593213884300291

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item