Dian Daniati, Teguh Berjuang Demi Membela Kaum Perempuan Lewat DPRD Mamuju


Mamuju, FMS - Perjalanan karir awalnya menginjakkan kaki di Mamuju adalah menjadi seorang perawat petugas kesehatan Puskemas Pembantu (Pustu), bertugas sebagai perawat di tahun 2005. Giat mengikuti seminar dan berbagai pendidikan pengembangan profesi maupun kepribadian.

Dia juga berkarir sebagai seorang aktivis perempuan yang getol membela kaum perempuan dan anak yang tertindas. Waktunya banyak kita temui di Polres, Rumah Sakit dan Pengadilan Negeri Mamuju, mendampingi korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Dia pun menyuarakan tentang perencanaan pembangunan berwawasan kependudukan, berkesetaraan gender dan ramah anak serta dia sering menghabiskan waktunya menjadi fasilitator pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui program Kementerian Pemberdayaan Perempuan serta juga menjadi fasilitator ketahanan keluarga, delapan fungsi keluarga BKKBN Provinsi Sulawesi Barat.

Dia sering aktif dalam berbagai organisasi baik lokal maupun nasional. Dinamika organisasi mengajarkannya dapat bekerja secara terstruktur, sistematis dengan capaian terukur.

Dia, adalah Dian Daniati, yang siap bertarung di DPRD Kabupaten Mamuju demi menjadi pelayan rakyat.

semangatnya membela kaum perempuan dan anak, kaum minoritas, dan marginal tidak bisa diragukan lagi.

Dian Daniati dikenal sebagai sosok yang gigih menyuarakan hak kaum perempuan. Dia tidak pernah sekalipun melewatkan perhatian terhadap isu perempuan. Tetapi, keprihatinan terhadap kondisi yang dialami kaum perempuan dan anak, perencanaan pembangunan dan penggangaran yang responsif terhadap perempuan dan anak haruslah dikawal melalui DPRD
Mamuju sebagai Ibu Kota Provinsi yang terus berbenah menjadi daerah yang maju, tentulah memerlukan legislator yang mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

Pengalaman dalam kegiatan advokasi yang dia lakukan, mampu membangun komunikasi yang baik dari masyarakat bawah, kaum minoritas, hingga kelevel pengambil kebijakan adalah modal yang sangat penting dan dimiliki oleh Dian.

Majunya Dian untuk mendedikasikan dirinya berbuat lebih banyak memperjuangkan pembangunan suprastruktur dan infrastruktur yang berkeadilan dan Berkualitas.

Dalam sebuah kesempatan, Dian berkenan membagi pemikiran dan pandangannya saat berbincang di sebuah warung kopi di pinggiran kota Mamuju, Dian, banyak berbicara mengenai kondisi infrastruktur dan suprastruktur Mamuju.

Berikut petikan wawancaranya

Mengapa Anda memilih fokus untuk memerjuangkan perempuan lewat DPRD?

Perempuan adalah tokoh sentral dalam kehidupan manusia, memikul beban berat melahirkan dan mendidik anak manusia. Perempuan adalah sekolah pertama untuk anak manusia, mulai dari mengajarkan makan, berjalan sampai dia menjadi manusia seutuhnya.perempuan perlu di kuatkan secara struktural dan kultural.berbicara tentang perempuan tentulah berbicara persoalan yang amat kompleks.hanya perempuan yang dapat menyuarakan apa kebutuhan nya yang harus di kawal dalam kebijakan anggaran maupun regulasi.

Peningkatan derajat kesehatan, menurunkan angka kematian ibu dan bayi.penigkatan kapasitas perempuan agar lebih produktif, dan peduli terhadap lingkunganya serta kemajuan daerah. Angka usia produktif Mamuju (kaum milenial) cukup signifikan yang tentunya ketika daerah ini memprogramkan peningkatan SDM dan lapangan kerja untuk mereka akan membawa kemajuan yang lebih cepat dan berkualitas bagi Mamuju tercinta.
Program kesehatan dan pendidikan tentulah menjadi kebutuhan yang harus di perjuangkan, peningkatan kualitas SDM, infrastruktur, peralatan dan kesejahteraan tenaga medis dan pendidik haruslah mendapatkan porsi anggaran yang cukup, memberikan reward yang layak bukan hanya sekedar sertifikat penghargaan tetapi reward yang mampu membuat yang lainnya bersemangat, memberikan pelayanan terbaik terutama mereka yang bertugas di daerah terpencil peningkatan kesejahteraan dan SDMnya harus diprioritaskan, tidak boleh ada diskriminasi. Infastruktur Mamuju juga haruslah menjadi perhatian, terutama tata kota yang aman dari banjir serta area bermain dan ramah anak, masih banyak desa-desa yang sulit di akses ketika arah pembangunan berdasarkan kebutuhan masyarakat, bukan keuntungan apalagi keinginan. Mamuju akan signifikan menjadi daerah yang maju pembagunan infrastruktur dan suprastrukturnya berbanding lurus.

Itulah tujuan saya maju ke DPRD Kabupaten Mamuju "Berhikmad untuk Rakyat"

Dian Daniati, Dapil Kecamatan Simboro, Tapalang, Tapalang Barat dan Kepulauan Balabalakang, Provinsi Sulbar.

Simak streaming Dian Daniati (Video)


(Wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 5418930282713451217

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item