Momentum HUT RI ke-71, IPMAPUS Mamuju Gelar Seminar

MAMUJU, FMS - Seminar Wawasan Kebangsaan Ikatan Pelajar Mahasiswa Pitu Ulunna Salu (IPMAPUS) cabang Mamuju dan Manakarra Progresif dilaksanakan di Wisma 45 Jalan Emmy Saelan, Rabu (15/8).

Dalam seminar ini, hadir sebagai narasumber  Dandim1418 Mamuju Letkol Arh Muh Imran,Kapolres Mamuju yang dimewakili Kompol Hadi Kusworo, Ketua KIP Sulbar Rahmad Idrus, dan ketua KNPI Amril Daeng Marue.

Seminar ini mengusung tema, Momentum HUT RI- 71 peran dan partisipasi pemuda dan mahasiswa dalam membangun semangat nasionalisme.

Pada sambutannya, Hadi Kusworo mengatakan  tantangan yang dihadapi bangsa sekarang adalah kurangnya rasa nasionalisme yang dimiliki anak bangsa. Menurutnya, rasa nasionalisme pemuda mulai luntur sehingga dengan mudah bangsa luar menanamkan ideologi mereka di negara kita sendiri.

"Globalisasi sekarang semakin canggih dan modern sehingga mengikis rasa nasionalisme anak muda kita,"
ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan ketua KNPI Sulbar Amril Daeng Marue. Dia mengatakan pergeseran nilai -nilai nasionalisme  kian hari mulai terkikis dengan adanya globalisasi kebudayaan luar yang masuk kedalam NKRI.

"Masyarak sekarang lebih bangga menggunakan produk luar negeri di bandingkan produk dalam negeri sendiri dengan alasan kualitasnya lebih bagus, dan lain-lainlah alasannya", ungkapnya.

Amril menambahkan sikap nasionalisme dan patriotisme tentunya harus ditanamkan sejak anak-anak sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 dan Pancasila sebagai idiologi bangsa.

Letkol Arh Muh. Imran dalam kesempatan ini, mengajak kepada mahasiswa agar tidak terjerumus kedalam hal yang bertentangan dengan hukum seperti narkoba dan ikut kelompok paham radikal.

Pada seminar ini hadir pula perwakilan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Mamuju, PMII Cabang Mamuju dan beberapa  mahasiswa yang ada perwakilan lembaga kemahasiswaan di Mamuju.(MA/Ha).

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini