Kades Maliaya, Kuat & Ulet Bangun Infrastruktur Desa

Kades Maliaya Supriadi bersama istrinya, Rosmawati.
MAMUJU, FMS - Namanya Supardi, Kepala Desa (Kades) Maliaya, Kecamatan Tappalang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Tentu saja, tidak asing bagi masyarakat di desanya. Selain karena jabatannya sebagai Kades, Supardi juga dikenal sebagai sosok yang peramah mudah bergaul dan tidak membeda-bedakan status sosial maupun ekonomi warganya. Hal itulah sehingga dia dikenal sampai diluar desanya.

Lahir 49 tahun silam, Supardi mengawali karir pada Tahun 2008. Dia menyatakan maju mencalonkan diri menjadi Kades di tanah kelahiran sendiri, yaitu Desa Maliaya.

Berangkat dari keinginan yang kuat untuk membangun daerahnya dan demi kesejahteraan masyarakat, Supardi berniat ikhlas sehingga memutuskan diri maju mencalonkan sebagai orang nomor satu di Desa Maliaya. Impian akan perubahan kearah yang lebih baik, kemudian menjadi cita-cita besar bapak lima anak yang berlatar belakang berpendidikan SMA ini. Akhirnya suratan takdir membawanya terpilih jadi kepala desa Maliaya.

"Saya hanya berpikir, bahwa saya duduk sebagai Kades karena kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat yang merupakan amanah untuk saya jalankan," katanya santai saat ditemui wartawan, Kamis (27/10).

Mengawali karirnya di desa, ia pun fokus ke-perbaikan insfrasuktur desa, infrastruktur pertanian, nelayan, dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, dia berkomitmen membangun kualitas pendidikan dan kesehatan.

"Guru mengaji, kita berikan insentif melalui anggaran dana desa (ADD). Ini tentu sebagai upaya mensejahterakan mereka," ujar Kades Supardi.

Atas kerja keras dan kepercayaan rakyat yang dibangunnya, tak heran jika ia terpilih yang kedua kalinya memimpin Desa Maliaya setelah pemilihan Kades Tahun 2014 lalu.

Kesuksesan Supardi memimpin Maliaya tentu tidaklah sendiri. Ibarat pribahasa berkata; dibalik kepemimpinan seorang suami selalu ada sosok istri yang selalu mendampingi. Adalah Rosmawati, istrinya. Dialah yang selalu sabar dan setia menemani Supardi melayani masyarakat Desa Maliaya.

Supardi memang sosok yang memiliki komitmen kuat demi kesejahteraan masyarakat. Tentu dibuktikannya dengan ADD yang ia kelola, semua dipergunakan untuk pembangunan. Mulai pembuatan irigasi, jalan tani sampai pemberian bantuan bibit pertanian. Semuanya untuk membantu masyarakat demi memperbaiki ekonomi mereka.

Di tahun 2017 nanti, Supardi berkomitmen untuk melanjutkan agenda-agenda tahun lalu yang belum terlaksana. Khususnya, dibidang peternakan dan pertanian.

"Kita akan membangun kerjasama, baik tingkat kabupaten maupun provinsi, sehingga peluang yang ada bisa kita manfaatkan dengan kemampuan dan sarana yang mendukung," ucapnya datar. (MA/Ha)

Related

MAMUJU 437224569567087251

Post a Comment

  1. Maaf. Desa maliaya bukan kec tapalang, tp kec malunda dan kab majene

    ReplyDelete
  2. Maaf. Desa maliaya bukan kec tapalang, tp kec malunda dan kab majene

    ReplyDelete

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini