Mahasiswa UT Belajar Mengajar di PKBM Putra Kembar

POLMAN, FMS - Sejumlah mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka (UT), melakukan observasi dan latihan mengajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Putra Kembar, Desa Tangnga-tangnga Kecamatan Tinambung, Polewali Mandar.

Menurut Raoda, Mahasiswa UT yang mengikuti program, kegiatan ini merupakan mata kuliah pembelajaran berwawasan kemasyarakatan khusus jurusan PGSD. Beberapa kegiatan dilaksanakan mulai dari observasi, mengajar, membuat Rancangan Proses Pembelajaran (RPP) dan melaporkan hasil mengajar mereka di sebuah PKBM.

"Kegiatan ini sekaligus melatih kemampuan para mahasiswa," ujar Raoda, Sabtu (29/10/2016).

Jumaruddin Ketua PKBM Putra Kembar, menyambut baik program mengajar mahasiswa. Karena, program itu mempunyai hubungan timbal balik antara mahasiswa dan warga belajar.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa UT ini. Disamping mahasiswa belajar, siswa saya juga menerima pelajaran bervariasi," ucap Jumaruddin, ditempat belajar peserta didik.

Ia mengungkapkan, selain adanya proses pembelajaran peserta paket, ia juga tengah menggelar Pelatihan Kegiatan Wirausaha (PKW) dari Kemendikbud, yakni program Direktorat Pembinaan Pendidikan Kursus dan Pelatihan.

"Sebanyak sepuluh orang yang belajar  membuat abon dalam berbagai varian dan sudah berjalan sekitar tiga minggu," ungkapnya.

Kegiatan itu dihadiri Dr Mustamin, Kepala Bidang Pendidikan non formal dari Dinas Pendidikan Provinsi dan membawakan materi dalam program pembelajaran  PKW.

"Makanya kemarin ada kepala bidang datang mengajar, secara kebetulan ada proses belajar paket C, hal itu juga diharapkan dapat menjadi perhatian Kabid Pendidikan Non Formal," katanya.(Tfk)

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini