Antusias, Pelajar Polewali Baca Buku di Lapak Baca Komunitas

Polewali, fokusmetrosulbar.com--Demi menumbuhkan minat baca masyarakat, penggiat literasi di Polman menggelar lapak baca. Ratusan buku bacaan digelar di atas lapak. Menariknya, para pengunjung yang sedang membaca, dihibur oleh live music akustik.

Kegiatan dengan tema "Gerakan Polman Membaca" digelar di jalan Budi Utomo, Pekkabata, Jumat (4/8). Ratusan buku pun dipajang di atas lapak sepanjang 100 meter.

Salah satu pengunjung, Andi Zaskia Rima Putri, mwengaku sangat senang atas kegiatan ini. Pelajar kelas VI SD ini mengaku senang membaca buku demi menambah ilmu pengetahuannya.

"Saya senang baca buku komik," tutur siswi asal SDN 017 Manding ini.

Marwati, Kepala sekolah SDN 017 Manding yang membawa lebih seratus siswanya mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Membaca itu kan otomatis menambah pengetahuan. Membaca adalah jendela ilmu, jadi saya sangat apresiasi kegiatan ini," katanya saat mendampingi siswanya.

Penyelenggara gelar buku,Muhammad Arif, mengatakan, kegiatan ini lahir dari gagasan beberapa pemuda yang melihat kurangnya minat baca dari mayarakat. Arif mengaku, tujuan kegiatan ini untuk membangkitkan semangat demi melahirkan generasi terpelajar.

"Melihat situasi melebarkan virus literasi agak kurang, jadi kami memanggil beberapa elemen atau taman baca untuk bergabung di acara ini," jelas Arif.

Stok buku yang digelar di lapak ini, didapatkan dari dari teman penggiat literasi, diantaranya  Nusa Pustaka, Rumpita, dan lainnya. Jenis buku bacaan yang digelar untuk kategori umum, pelajar, mahasisiwa dan komik.

"Ada juga penggiat literasi pemula yang mengantarkan bukunya sekitar puluhan," katanya.

Meskipun kegiatan ini hanya berlangsung selama satu hari, namun, Arif berharap, agar kedepan kegiatan ini tetap berjalan dan tidak hanya sampai di sini saja.

"Bisa kami gelar di setiap momentum yang ada, misalkan hari 17 Agustus dan Hardiknas," terangnya.

Muhammad Arif  berharap, mereka datang bukan hanya karena ada moment seperti ini, namun mereka betul- betul punya kesadaran ingin membaca.

"Mereka sangat merespon dengan baik, buktinya banyak yang datang. Ketika kesadaran itu lahir, maka minat baca itu sendiri akan tumbuh dengan sendirinya," jelasnya. (ant/har)

BERITA LAINNYA

#NASIONAL 3955948195912404422

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item