Kayu Nisan dari Pekuburan, Dibuat Jadi Jembatan, Ini Fotonya ...

Kayu nisan ini digunakan untuk jembatan (Foto: Asrianto/FMS)
Polewali, fokusmetrosulbar.com--Sepintas jembatan sederhana ini tidak ada yang berbeda dengan yang lainnya. Tetapi jika diperhatikan lebih seksama, jembatan ini ternyata sengaja dibuat dari kayu yang tidak lazim,
yaitu kayu bekas nisan kuburan.

Jembatan ‘serem’ ini terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Memiliki panjang sekitar 10 meter, kayu nisan disusun sedemikian rupa hingga membentuk sebuah jembatan.

Sebagian besar jenis kayu yang dipakai adalah kayu ulin sehingga kuat untuk menahan beban. Biasanya jembatan ini dipakai oleh warga yang hendak bekerja sebagai pengrajin batu bata dan para petani.

Jembatan kayu nisan (Foto: Asrianto/FMS)
"Selalu dilewati ini pak, karena cuma ini satu-satunya jembatan yang dekat" Kata Busman, salah satu warga pengrajin batu bata.

Jembatan ini membelah sungai kecil yang melintasi area persawahan. Pemilihan kayu bekas nisan sebagai jembatan karena tidak mempunyai kayu lain. Kayu nisannya sendiri diperoleh dari area pemakaman yang tidak jauh dari lokasi.

Warga sekitar sudah terbiasa menggunakan jembatan ini sehingga tidak ada rasa takut sama sekali, meskipun malam hari. Keberadaan jembatan ini sendiri menggantikan jembatan sebelumnya yang selalu rapuh dan tidak cukup biaya untuk memperbaiki. (ant/har)

Related

POLMAN 1163341898435784113

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini