Peringati Hari Pariwisata Sedunia, Sejumlah Komunitas Sambangi Buttu Karamasang

Polewali, fokusmetrosulbar.com - Dalam rangka memeringati hari Pariwisata Sedunia yang jatuh pada tanggal (27/9), sejumlah komunitas di Polewali Mandar (Polman), melakukan kunjungan ke obyek wisata Buttu Karamasang yang terletak di Kecamatan Binuang, Selasa (26/9). 

Komunitas ini terdiri dari beberapa kalangan, diantaranya pecinta penyu, kelompok sadar wisata, serta melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Polman.

Dalam kunjungannya, komunitas ini melakukan beberapa kegiatan, seperti membersihkan pantai Pulau Karamasang, diskusi dan program pariwisata lainnya. 

Buttu Karamasang terletak diatas sebuah pulau di Kecamatan Binuang. Untuk sampai ke obyek wisata tersebut, pengunjung harus menempuh perjalanan laut dengan menyewa perahu bercadik yang disebut taksi. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 15 menit dari dermaga Binuang atau dari dermaga Tonyaman. 

Setibanya di pulau Karamasang, pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapai puncak bukit. Jalur menuju puncak bukit cukup terjal dan mendaki. Namun semuanya akan terbayar ketika sampai diatas bukit. Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang membentang luas, jejeran batu karang, hutan mangrove, dan kota Polewali. 

Ditempat ini terdapat sebuah pondok yang dapat ditempati untuk beristirahat. Meski terbilang baru, namun obyek wisata ini mulai dilirik wisatawan utamanya saat libur akhir pekan. 

Yusuf, seorang pengunjung dari Binuang mengaku sangat kagum akan keindahan panorama Buttu Karamasang. Namun menurutnya, yang masih perlu diperhatikan pengelola adalah fasilitas di tempat tersebut. Seperti gazebo, toilet dan fasilitas air bersih. 

"Harus disediakan gazebo. Perlu di benahi fasilitasnya, agar pengunjung bisa nyaman," tuturnya. 

Sementara Ketua komunitas, Ridwan mengatakan, kegiatan ini dalam rangka untuk mengenalkan obyek wisata yang ada Polman. Kedepannya, kegiatan ini akan terus rutin diagendakan. 

"Kami sengaja memilih pulau ini, karena pulau ini masih kurang dikunjungi," ungkapnya. (ant/tfk)

BERITA LAINNYA

POLMAN 5509580588731544355

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item