Sukseskan Pilkada 2018, Bawaslu Koordinasi Pemprov

Mamuju, fokusmetrosulbar.com - Dalam rangka mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berkualitas dan bermartabat di Sulawesi Barat (Sulbar), komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulbar akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar.

Hal tersebut dibuktikan Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo dengan menyambangi Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar diruangannya, Senin, (16/10).

Kunjungan yang merupakan kegiatan perdana Sulfan Sulo semenjak menjabat ketua Bawaslu Sulbar, dalam rangka menghadapi Pilkada Bupati Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dan Kabupaten Mamasa.

Sulfan mengatakan, pengawasan Bawaslu butuh dukungan Pemprov untuk melarang Pegawai Negri Sipil (PNS) ikut dalam euforia pesta demokrasi.

"Tujuannya untuk menjaga netralitas PNS agar terhindar sanksi yang berkaitan dengan aturan Pilkada dan ketentuan perundang-undangan berlaku," sebutnya.

Sulfan menuturkan, masalah yang seringkali timbul saat Pilkada adalah soal data pemilih.

"Ini yang akan kita perbaiki khususnya di dua kabupaten yang akan menggelar Pilkada tahun depan, dan jalan menuju kearah itu sudah kita bangun sejak awal dengan KPU dan Disdukcapil dengan melakukan rapat koordinasi, termasuk dengan lembaga lainnya yang juga memiliki peran penting dalam mengawal dan menyukseskan Pilkada nantinya, agar tetap mengedepankan profesionalitas dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing," ujarnya

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, menyambut baik langkah Ketua Bawaslu. Menurutnya, Pilkada yang demokratis lahir dari penyelenggara yang netral dan tidak berpolitik serta mengedepankan profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya.

"Saya berharap, pesta demokrasi Pilkada di dua kabupaten nantinya dapat berjalan lancar dan aman, sehingga yang terpilih dapat betul-betul menjalankan amanah yang diberikan masyarakat dan dipertanggungjawabkan di hadapan tuhan," ungkapnya. (awl/tfk)

Related

MAMUJU 2889092401427602888

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini