Bupati Harap Tradisi Sayyang Pattu'du Dipertahankan


Majene, FMS - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tidak ingin terlewatkan begitu saja tanpa ada  kesan. Sedikitnya 50 pelajar tingkat SD dan SMP se Majene turut menyemarakkan Festival Sayyang Pattu'du yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Majene, Selasa 4 Desember.   

Lomba kuda menari bernuansa religi ini mengundang perhatian ratusan warga dari berbagai daerah. Lapangan stadion Prasamya Majene yang merupakan tempat finis peserta, dipadati pengunjung. "Selalu ramai karena ini merupakan kegiatan tahunan yang dirayakan setiap bulan maulid," kata Kepala Disbudpar Majene Andi Beda Basharoe, siang kemarin.

Menurut Andi Beda, festival tersebut sejatinya dipadukan pada peringatan maulid akbar. Namun kegiatan lain cukup padat sehingga tidak dapat dilaksanakan secara serentak. "Sejatinya kegiatan ini merupakan upaya pelestarian nilai-nilai budaya, khususnya Sayyang Pattu'du," jelasnya.       

Selain itu, menunggang kuda menari merupakan wujud kegembiraan keluarga yang telah menamatkan bacaan Alquran. Itu sebabnya tradisi tradisional ini tetap bertahan karena selalu menjadi motivasi setiap generasi. "Kami berharap festival ini dapat menambah semangat bagi anak untuk berlomba menamatkan Alquran. Khususnya penghafalan juz," tandasnya.   

Bupati Majene mengatakan, Festival Sayyang Pattu'du sudah menjadi kalender tahunan di Bumi Assamalewuang. Namun jadwalnya tidak tetap sehubungan mengikuti hitungan rabiul awal atau bulan maulid. Sedangkan pelaksanaannya akan di backup Disbudpar. "Kegiatan ini merupakan tradisi khataman quran atau disebut messawe yang khas di daerah ini," jelasnya.

Olehnya Festival Sayyang Pattu'du patut dilestarikan dan terus dikembangkan setiap tahun. Tentu pula dukungan para stakeholder sangat diharapkan. Sehingga agenda ini dapat mendorong peningkatan dan kemajuan pariwisata di Majene. "Dukungan semua pihak selalu menjadi harapan kami. Sedianya tetap bersinergi dalam hal mendorong kemajuan dan penikatan pembangunan daerah," imbuhnya. 

Festival Sayyang Pattu'du start dari Boyang Assamalewuang. Kemudian menelusuri jalan menuju Pusat Pertokoan hingga Jalan Mayjend Azis Bustam Saleppa, Banggae. Peserta lalu mengikuti jalur menuju Disdukcapil, kemudian memutar kanan menuju Stadion Prasamya Majene.

Festival ini disaksikan Ketua DPRD Majene Darmansyah beserta Wakil Ketua Hasbina Arief Saleh dan sejumlah legislator. Hadir pula Dandim Majene Letkol Inf Ragung Ismail Akbar, Wakapolres Majene AKBP Muh Arief, Ketua Pengadilan Negeri Majene Hasrawati Yunus, serta para pimpinan OPD Lingkup Pemkab Majene.

(ipunk)

Related

MAJENE 4660938827273535698

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini