Pemprov Sulbar Sambut 27 Warga Transmigrasi Asal Jatim


Pasangkayu, FMS - Sebanyak 27 warga TPA (Transmigrasi Penempatan Asal) dari Jawa Timur (Jatim) tiba di UPT Tanjung Cina Kecamatan Lariang, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, Jumat (14/12/2018).

27 warga itu terdiri dari 10 kepala keluarga, 25 orang dewasa dan 2 bayi,

Kedatangan mereka di UPT Tanjung Cina disambut oleh Pemerintah Provinsi Sulbar melalui Asisten Bidang Pembangunan yang selanjutnya diserah terimakan ke Pemerintah Kabupaten Pasangkayu diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan.


Kepala Dinas Transmigrasi Provinsi Sulbar, H. Herdin yang turut hadir dalam penyerahan tersebut mengatakan, warga transmigrasi yang ditempatkan di UPT Tanjung Cina Kecamatan Lariang berasal dari Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Di lokasi baru mereka mendapatkan fasilitas rumah siap huni, lahan perkarangan seluas 0,25 hektare juga mendapatkan lahan usaha II masing-masing dua hektare setiap KK. Mereka juga mendapat bantuan jatah jaminan hidup dari pemerintah selama setahun berupa bahan pangan, seperti beras, minyak tanah, gula, garam, ikan asin, dan barang kebutuhan lain.

"Bantuan ini diberikan Disnakertrans setiap bulan secara rutin kepada setiap warga transmigrasi yang baru di tempatkan di sejumlah daerah di Kabupaten Pasangkayu. Hal yang sama juga kita lakukan kepada warga transmigrasi yang telah tiba lebih dulu dan ditempatkan di daerah Provinsi Sulbar," ujarnya.


Bantuan bahan pangan ini diberikan, kata H. Herdin, agar selama mereka berada di lokasi baru tidak kesulitan mendapatkan pangan.

Selain itu, mereka juga mendapatkan layanan kesehatan gratis dari pemerintah dalam bentuk kartu BPJS.

Sebelumnya, sebanyak 27 KK warga transmigrasi asal Jawa Timur (Jatim) tiba di Bandara Sis Al-Jufri Palu, Sulteng pada Kamis (13/12/2018). Selanjutnya mereka dibawa menuju ke Kabupaten Pasangkayu, Sulbar.

Kedatangan mereka disambut oleh Kadis Transmigrasi Sulbar beserta Kepala Dinas Transmihrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten pasangkayu di Bandara Sis Al Jufri, Palu.

27 KK tersebut selanjutnya diberangkatkan ke Pasangkayu pada pukul 14.22 Wita dan diinapkan di Wisma Raodah, Pasangkayu, dan direncanakan pada Jumat (14/12/2018), pukul 08.42 Wita, mereka akan diberangkatkan ke UPT Tanjung Cina Kecamatan Lariang memggunakan dua bus.

(wati)

BERITA LAINNYA

PASANGKAYU 5972367418264773061

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item