Suksesi Mamuju Mapaccing, Habsi andalkan "Darah Muda"



Mamuju, FMS - Pelimpahan sebagian wewenang dari Dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK) kepada camat dan Lurah, dalam hal penanganan sampah di Kabupaten Mamuju, membuat suksesi gerakan Mamuju Mapaccing saat ini sebagian bertumpu pada camat dan lurah.
Menariknya, dari lima kelurahan di Kecamatan Mamuju sebagai pusat pemerintahan, hampir seluruhnya dipimpin oleh lurah yang masih relatif berusia muda, rata-rata mereka saat ini berusia dibawah 40 tahun.

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid menyebutkan, hingga saat ini dirinya masih yakin pilihan untuk menempatkan darah muda pada kelurahan masih berstandar "right man in the right job" atau orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat.

Alasannya, kata Habsi, ditengah kemajuan jaman yang populer disebut jaman milenial, tentu mereka akan lebih dinamis, agresif dan dapat bergerak cepat serta berfikir dengan gaya milenial.

"Jadi kita tidak akan tertinggal, termasuk pula untuk mendorong gerakan Mamuju Mapaccing, saya melihat saat ini, para lurah semakin intens bergerak, bahkan ada yang memakai metode yang tidak lazim, pendekatan ini tentu kita perlukan karena semakin aktif mereka (lurah.red), maka akan semakin termotifasi pula mayarakat untuk melakukan hal yang sama," ucap Habsi.

"Kita berharap, trend ini akan terus ditingkatkan, namun demikian, saya ingatkan usia tentu bukanlah barometer satu-satunya untuk menilai kinerja mereka karena di pemerintahan kita sekarang banyak juga orang yang berusia matang tapi tetap mampu bekerja maksimal, kebetulan saja beberapa lurah di kecamatan Mamuju saat ini tengah baik trend kerjanya, jadi kita apresiasi, semoga dapat menjadi motifasi bagi yang lain untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat," terang Habsi.

Sementara itu, Lurah Simboro, Ilham mengaku menjadi sangat termotifasi atas amanah yang telah di dudukinya selama setahun terakhir.

Dirinya berjanji akan menjawab kepercayaan itu dengan penuh semangat.
Lurah yang akrab dengan sapaan gilang ini mengatakan, kalau soal Mamuju Mapaccing, dirinya selalu memulai itu dengan mencontohkan kepada masyarakat.

"Istilahnya kita kotor duluan maka nanti pasti masyarakat akan tergerak sendiri," pungkasnya.

Senada Lurah Binanga, Irham Saleh mengatakan, tanggung jawab sebagai lurah di usianya sekarang, dinilai justru banyak menguntungkan karena dengan pendekatan yang dinamis maka warga yang telah berusia pasti akan mengayomi dan bahkan menyayangi sebagai anak.

"Sehingga apapun yang kita sodorkan pasti akan didukung, asal kita juga dapat memahami apa kebutuhan mereka," kuncinya.


(usman)

Related

MAMUJU 5931682880053253816

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini