Tak Punya Uang, Akhirnya Nekat Mencuri


Mamuju, FMS - Sayid Muhammad alias Abi (38), akhirmya mendekam di jeruji besi di Polres Metro Mamuju.

Abi ditangkap oleh Tim Python Polres Metro Mamuju bekerja sama dengan jajaran Polres Pasangkayu di Kecamatan Baras, Kabupaten Pasangkayu, pada 24 Februari 2019, pukul 13.00 Wita.

Pelaku kemudian dibawa ke Polres Metro Mamuju guna penyelidikan lebih lanjut. Adapun barang bukti yang berhasil disita dari tangan pelaku diantaranya, enam unit handphone, satu laptop dan satu sepeda motor jenis Yamaha Mio nomor polisi DC 4804 AS serta satu handphone yang sementara masih dalam pencarian aparat kepolisian.

Kronologisnya begini, lantaran tak memiliki uang untuk ke Kalimantan Timur, Abi nekat menipu korbannya sebanyak tujuh orang, dengan dalih perekrutan model untuk acara Millenial Road Safety Festival (MRSF) 2019, yang diselenggarakan oleh Polda Sulbar.

Dengan memanfaatkan moment MRSF tersebut, Abi bermodus sebagai IO MRSF dan mendatangi sejumlah siswa SMKN 1 Mamuju dan SMKS Tiwikrama. Usahanya itu tak sia-sia, tujuh siswa berhasil didapat dan seleksinya rencananya bakal dihelat di Maleo Town Square (Matos) Mamuju, pada Jumat 22 Februari 2019.

Waktu yang ditunggu pun telah siap, tujuh siswa itu kemudian mendatangi Matos, namun sebelum ke tempat penseleksian, pelaku melarang korbannya membawa kendaraannya serta agar barang bawaan korban dititipkan kepada pelaku.

Namun, sesampainya di Matos, korban akhirnya gigit jari, sejumlah korban pun kemudian mencari pelaku namun naas, pelaku dan barang bawaan korban semuanya telah hilang.

Merasa tertipu, akhirnya para korban mendatangi Polres Metro Mamuju dan melaporkan pelaku dengan nomor polisi LP: 82/II/2019/SPKT/tgl/22/Februari/2019.

Kasat Reskrim Polres Metro Mamuju, AKP Syamsuriansa menjelaskan, atas perbuatannya, pelaku diancam dengan pasal 372 dan 378 KUHP tentang tindakpidana penipuan dan penggelapan.

Dia mengatakan, pelaku berhasil memperdaya korbannya dan membawa kabur sejumlah barang berharga korban.

"Kita tangkap pelaku di Kecamatan Baras, Pasangkayu," tutupnya, Selasa (26/2/2019).

(ahmad)

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini