Pertama Kali di Sulbar Dilaksanakan Diklatpim

Sekprov Sulbar Muhammad Idris

Mamuju, FMS - Untuk kali pertama, pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim), diselenggarakan di Sulbar.

Hal itu terlihat, ketika dilaksanakannya Pembukaan Diklatpim Tingkat IV Angkatan II lingkup Pemprov Sulbar, oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris, di ruang Auditorium lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar, Selasa 23 April 2019.

Dalam sambutannya, Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengaku, penyelenggaraan Diklatpim secara mandiri itu, tidak terlepas dari berbagai kekurangan yang ada. Namun, hal itu bukan menjadi alasan untuk tidak percaya diri melaksanakannya.

"Dengan segala keterbatasan yang kita miliki, kita harus percaya diri menyelenggarakan Diklat secara mandiri. Sehingga saya memutuskan mulai tahun ini hingga seterusnya, Diklat ini diselenggarakan di Sulbar," tandas Idris.

Meski demikian, sambung Idris, yang dilaksanakan di Sulbar, hanya untuk yang berbasis kelompok, tidak untuk perorangan.

Melalui kesempatan itu, Ia menuturkan, ke depan akan mendorong pemkab se-Sulbar untuk bersama-sama menyelenggarakan diklat aparatur di daerah ini.

Menyadari akan keterbatasan sarana dan prasarana di balai pelatihan, pria yang pernah menjabat Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN RI ini, berpesan kepada peserta diklatpim,  untuk memiliki kesabaran dan menutupi segala kekurangan yang ada tersebut.

"Diantara kawan-kawan yang terpilih ini  jangan ada mengeluh. Saya titipkan mohon ada kesabarannya selama berada di kampus dan tutupi segala kekurangannya," kata Idris.

Selain itu, lanjut Idris, juga diharapkan  semua peserta serius mengikuti pelatihan dan  tidak ada yang tertinggal atau tidak lulus.

Kepala Pusat Pelatihan, Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintah (Puslatbang KMP) LAN Makassar, Andi Taufik, menyampaikan, pelaksanaan Diklatpim di provinsi ke-33 ini merupakan suatu momentum bersejarah di Sulbar.

"Saya sangat senang, apa yang kita lakukan hari ini merupakan momentum bersejarah di Sulbar, sebab ini adalah diklatpim yang pertama dilaksanakan di daerah ini," tutur Taufik.

Taufik menyatakan, terwujudnya pelaksanaan Diklatpim di Sulbar, sebagai langkah awal yang sangat baik dan luar biasa yang telah diputuskan Sekprov Sulbar bersama jajaran.

Ia menambahkan, menjadi peserta diklatpim merupakan suatu kehormatan, sebab dari 238 ribu lebih pejabat eselon IV di seluruh Indonesia, tidak semua mendapat kesempatan untuk bisa mengikuti pengembangan kompetensi.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulbar, Yacob F. Solon, menyampaikan, tujuan pelaksanaan diklatpim tingkat IV tersebut, untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan, serta melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.

Disebutkan, diklatpim diikuti sebanyak 40 peserta dan pelaksanaan  pelatihan dimulai 23 April sampai 6 Agustus. Sedangkan, untuk seluruh proses kegiatan belajar mengajar akan dipusatkan di Balai Pelatihan Pertanian Sulbar.

Adapun narasumber atau widyaswara, kata Yacob, berasal  dari Puslatbang KMP LAN, BPSDM Sulbar dan pejabat strukturan/instansi terkait.

Hadir dalam pembukaan Diklatpim, Asisten Bidang Adminstarsi Djamila, sejumlah Pimpinan OPD lingkup Sulbar, para Widyaswara, jajaran BPSDM Sulbar, serta undangan lainnya.

(Wati)

Related

MAMUJU 6585467546982082208

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini