Idris: Sudah Saatnya Kita Memoderenisasi Baznas

Mamuju, FMS - Sekprov Sulbar, Muhammad Idris menyerahkan secara simbolis paket  bahagia Idul Fitri 1440 H sebanyak 1.250 bingkisan bagi masyarakat  Mamuju dan perangkat daerah Provinsi Sulbar yang berlangsung di  Kantor Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sulbar (Baznas), Senin,27 Mei 2019.

Sekprov Idris menyampaikan, terdapat empat poin perubahan bagi pihak Badan Amil Zakat Sulawesi Barat (Baznas) kearah yang lebih maju, yaitu,  kiranya pihak Baznas dapat lebih memoderenisasi pengumpulan zakat dan mampu mengetahui berapa jumlah penduduk di Sulawesi Barat yang wajib membayar zakat. Salah satu contoh bagi Pemprov Sulbar kepada para pimpinan serta staf agar terus diingatkan melalui monitoring ilmu teknologi (IT), disusul memanajemen pendistribusian tidak lagi menggunakan pola lama, dimana pendayagunaan zakat dapat disalahgunakan dan memberikan potensi permodalan bagi warga negara, serta pihak baznas hendaknya segera memperbaiki organisasi kearah yang lebih baik.

"Apa yang telah dilakukan oleh pihak Baznas patut diberi apresiasi sehingga diharapkan ditahun depan  penyantunan bisa lebih banyak dari sebelumnya. Pembagian paket ditahun 2019 sebanyak 1.250 dan diharapkan kedepan grafik penyantunan dapat lebih meningkat hingga 100 persen atau sebanyak 2000 hingga 3000 paket, maka dari itu pihak Baznas dituntut bekerja lebih maksimal agar potensi-potensi zakat warga negara yang berkewajiban segera dapat didata dan ditampung. Sudah saatnya kita memoderenisasi Baznas,  mengumpulkan zakat dengan cara non tunai atau menggunakan sistem transfer zakat lewat rekening-rekening yang ada, sehingga lebih memudahkan kita untuk bertransaksi," pungkas Muhammad Idris.

Ketua Badan Amil Zakat  Nasional Provinsi Sulbar (Baznas), Aminullah Ma’mun melaporkan, adapun nilai beras sejumlah 10 kilogram setara dengan 100 ribu rupiah dari jumlah keseluruhan kebutuhan beras sebanyak 1.200 kilogram atau setara dengan 125 juta rupiah yang diperuntukkan  bagi pembagian zakat serta pemberian paket buka puasa kepada 150 jiwa bagi para kaum miskin dan duafa berupa pemberian nasi kotak dan sejumlah uang.

Ia juga mengatakan, Baznas juga melakukan pembagian takjil sebanyak 500 kotak yang berfokus pada kunjungan ke Rumah sakit  umum daerah, masyarakat pinggiran dan berbagi buka puasa di anjungan pantai manakarra

"Kita memperlihatkan kepada masyarakat bahwa memang ada kepedulian dri Baznas Sulbar," tandasnya. 

(Wati)

Related

MAMUJU 5952119520304337547

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini