Kabupaten Majene Juara Umum 1 STQ ke-8 Tingkat Provinsi

Penutupan STQ ke-8 Tingkat Provinsi

Mamuju, FMS - Bertempat di lapangan Rujab Gubernur Sulbar, Jalan Andi Pattana Endeng, Kecamatan Rangas, Kabupaten Mamuju, berlangsung Penutupan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat provinsi ke-8 yang dihadiri sekitar 1000 orang, Rabu malam (1/5/2019).

Sementara Kabupaten Majene ditetapkan sebagai juara umum 1 STQ ke-8 dan STQ tahun ini dan berhak menerima piala bergilir yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar dan diterima oleh Bupati Majene Fahmi Massiara yang diwakili oleh Asisten II Djazuli Muchtar Machmud.

Sementara, juara umum 2 Kabupaten Polewali dan Juara Umum 3 Kabupaten Mamasa. Penyerahan piala juara umum 2 dan 3 diserahkan oleh Kepala Biro Kesra Provinsi Sulawesi Barat.

Ada empat jenis lomba yang diselenggarakan yaitu, Tilawah Al-Qur'an, Hipdzil Qur'an, Tafsir Al-Qur'an dan Lomba Qasidah Rabana. Lomba Tilawah Al-Qur'an dibagi menjadi dua kategori yaitu bagi peserta anak-anak dan dewasa. Hipdzil Qur'an terbagi menjadi 5 kategori yaitu lomba menghafal 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Zuz dan 30 Juz. Sementara itu, tafsir Al-Qur'an hanya ada satu kategori yakni tafsir Bahasa Arab.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar dalam sambutannya mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mengambil bagian pada acara STQ ke-8 kali ini. 

"Kemeriahan pada acara STQ kali ini sangat luar biasa, karena pelaksanannya betul-betul sempurna, hal ini bisa terjadi tentunya berkat dukungan semua pihak khususnya masyarakat di Sulbar," kata Ali Baal.

Menurutnya, pelaksanaan STQ kali ini kualitasnya sudah seperti yang dilaksanakan di tingkat nasional, kualitas seperti ini harus dijadikan sebagai standar pelaksanaan STQ ke depan atau bahkan bisa lebih bagus lagi. 

"Secara umum pembangunan di berbagai bidang telah kita laksanakan secara bertahap. Khusus untuk pembangunan di bidang mental spiritual, sudah nyata perkembangan yang sudah kita capai," tuturnya.

Hal tersebut, tambah Ali Baal, menjadi bukti, bahwa pembangunan sektor mental spiritual di Kabupaten Sulawesi Barat sudah berjalan dengan baik. 

"Masyarakat dalam hatinya mungkin menginginkan supaya kegiatan kita ini bisa diperpanjang, karena pelaksanaan STQ kali ini memang sangat bagus," demikian tutup Ali Baal.

Hadir dalam penutuoan STQ diantaranya, Kepala Kemenag Sulbar, Bupati se-Sulbar, OPD dan tamu undangan lainnya.

(Wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 7488089373588290894

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item