Kapolda Sulbar Hadiri Upacara Hardiknas

Ket. foto: Wagub Sulbar Hj. Enny Anggraeni Anwar, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar, dan Sekprov Muh. Idris

Mamuju, FMS - Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, dilaksanakan di Kantor Gubernur Sulbar, Jalan Pattana Endeng, Kabupaten Mamuju.

Turut hadir dalam upacara Hardiknas, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar.

Kegiatan upacara Hardiknas ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sulbar H. Ali Baal Masdar serta dihadiri Wakil Gubernur, Kabinda Provinsi, Sekda Provinsi, Kepala BNN Provinsi, para OPD Lingkup Provinsi dan seluruh tamu undangan lainnya.

Gubernur Ali Baal Masdar dalam amanatnya mengatakan, untuk menguatkan pendidikan, salah satu langkah yang dilakukan diantaranya adalah membangun SDM berkualitas penduduk berusia muda dan dewasa untuk memiliki pengetahuan dan skill  yang relevan.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini yaitu menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan. Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya SDM yang berkualitas demi terwujudnya indonesia yang berkemajuan.

Selaras dengan itu, dalam konteks kebudayaan sebagai basis pendidikan nasional semakin kukuh dengan disahkannya UU No. 5 Tahun 2017 tentang kebudayaan.

Melalui momentum Hardiknas ini marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan SDM yang dilandasi karakter kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompotitif.

Merespon kemajuan pendidikan serta ilmu pengetahuan dan teknologi, mari kita manfaatkan dengan bijaksana dan menjadi ruang lahirnya manusia-manusia bermartartabat, inovatif dan berkarakter.

Bersamaan dengan perayaan Hardiknas, kita juga patut bersyukur karena bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahapan puncak pemilu serentak tanggal 17 April lalu.

Dilihat dari sudut pandang pendidikan, didalam pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara.

Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju ke kedewasaan. 

Selamat hari pendidikan nasional teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kemajuan indonesia demi mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sementara itu, Kapolda Sulbar melalui Kabid Humas AKBP Hj. Mashura saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa Hari Pendidikan Nasional yang disingkat Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei setiap tahunnya, merupakan hari yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memperingati kelahiran Pahlawan kita Ki Hajar Dewantara yang merupakan tokoh pelopor pendidikan Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan taman siswa.

"Untuk itu, melalui moment ini diharapkan kita dapat meneruskan perjuangan beliau dalam mencerdaskan bangsa Indonesia," ucapnya.

Ia mengatakan, peringatan Hardiknas adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dalam negeri guna mencerdaskan generasi penerus anak bangsa.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada para pejuang pendidikan.

(Ani)

Related

MAMUJU 473144064794716938

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini