Tingkatkan Kehumasan, Polda Sulbar Gelar Pelatihan IMM


Mamuju, FMS - Meningkatkan fungsi kehumasan Polri di media khususnya pada media sosial. Kepolisian Derah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) kembali menyelenggarakan pelatihan penggunaan aplikasi Intelligence Media Management (IMM) di Aula Arya Guna Mapolda Sulbar, Jalan Aiptu Nurman Kalubibing, Mamuju.

Pelatihan itu dipandu oleh Directur PT. Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, Senin (15/7/2019).

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si, didampingi Kabid Humas dan Direktur IMM Indonesia.

Kapolda Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan kapasitas personel Polri, khususnya pengemban fungsi kehumasan. 

Baharuddin mengatakan, kondisi saat ini, menuntut kepekaan Polri dalam mencermati peristiwa yang terjadi ditengah-tengah masyarakat serta informasi-informasi kekinian.

"Untuk itu, sangat diharapkan para peserta mengikuti pelatihan ini dengan serius agar manfaat ilmu yang disalurkan betul-betul dapat dirasakan guna menciptakan kondisi yang aman dan damai khususnya pada media sosial," jelas Baja sapaan akrab Kapolda Sulbar ini.

Sementara itu, Direktur IMM Indonesia menjelaskan, IMM merupakan aplikasi yang dibangun untuk membantu tugas Polri, khususnya dalam fungsi kehumasan. 

"Dengan aplikasi IMM semua pemberitaan di daerah bisa di pantau langsung oleh Mabes Polri, begitu juga sebaliknya sehingga dapat dikelola secara bersama," ujarnya.

Apalagi, katanya, di zaman yang semakin berkembang ini telah banyak terjadi perang informasi. Untuk itu humas harus berperan aktif sebagai leading sektor dalam beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Menurtunya, aplikasi IMM adalah sebagai alat bantu bagi pelaksanaan tugas humas Polri sehingga masyarakat akan lebih partisipasif terhadap Polri. 

"Disamping Polri harus terbuka dalam menyampaikan informasi sesuai dengan keinginan masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Humas AKBP Hj. Mashura menambahkan, pelatiha tersebut sudah kali ketiganya dilaksanakan di wilayah Polda Subar.

Hasilnya, Polda Sulbar yang merupakan salah satu Polda baru mampu bersaing dengan Polda-polda tuntunan, bahkan baru-baru ini Humas Polda Sulbar menerima award sebagai Humas Tipe B terbaik di jajaran Kepolisian RI.

"Saya berharap melalui pembekalan selama dua hari ini (15-16 Juli 2019),  seluruh personil lebih mampu mengelola informasih dengan baik dan bijaksana," tutup Mashura.

(Wati)

Related

MAMUJU 3252870784522277982

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini