7 Personil Polda Sulbar Terima Reward di Hari Kemerdekaan


                                                                                                                                
Mamuju, FMS - Di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, tujuh personil Polda Sulbar menerima reward atas keberhasilannya menjalankan tugas.

Penyerahan reward tersebut diserahkan oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar, di Lapangan Mapolda Sulbar.

Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar melalui Kabid Humas Polda Sulbar Hj. Mashura, menjelaskan, di Polda Sulbar sendiri moment 17 Agustus sudah menjadi agenda rutin yang tidak pernah terlewatkan dalam kondisi apapun, 

"Jika pahlawan dulu harus mengorbankan nyawa untuk merebut kemerdekaan, hari ini kita semua hanya perlu mengenang perjuangan para pahlawan dan mensyukuri kebebasan yang diraih. Ya, salah satunya melalui pelaksanaan upacara ini," jelasnya, Sabtu (17/8/2019).

Selain itu juga, dilakukan penyerahan reward kepada tujuh personil atas keberhasilan dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara, yakni melayani dan melindungi masyarakat.

Diantara prestasi yang dilakukan adalah penyelamatan terhadap korban percobaan bunuh diri di kawasan Pantai Dato, Kabupaten Majene.

Prestasi lainnya yaitu keberhasilan menebar virus literasi dan menggairahkan minat baca para generasi di sekolah-sekolah pelosok di Kabupaten Mamasa dan penghargaan kepada bhabinkamtibmas terbaik daerah tahun 2019 yang ditandai dengan pemberian pin emas Kapolri.

Sementara dalam amanatnya, Kapolda Sulbar menyebutkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki wilayah yang terbentang sepanjang lebih dari 5.428 km dan garis pantai sepanjang 99093 km.

Selain itu, Indonesia juga dianugerahi sumber daya alam yang beragam dan melimpah mulai dari keanekaragaman flora dan fauna, bahan-bahan tambang yang bernilai tinggi serta kekayaan hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan dan kelautan dengan jumlah penduduk lebih dari 263 juta jiwa.

Berpenduduk terbesar keempat di dunia Indonesia juga memiliki tenaga kerja usia produktif dan masyarakat kelas menengah yang besar.

Di usianya ke 74 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap kokoh berdiri meski tak sedikit permasalahan yang harus dihadapi.

Kemerdekaan Indonesia juga menjadi momentum bagi kita untuk berterima kasih kepada seluruh Pahlawan Kusuma Bangsa atas seluruh perjuangan pengabdian dan pengorbanan kepada masyarakat bangsa dan negara.

Dalam suasana yang penuh dengan semangat nasionalisme ini Kita juga harus menyadari bahwa tantangan ke depan akan semakin kompleks hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari berbagai dinamika yang terjadi dalam tataran global regional maupun lokal marilah kita mengucapkan puji dan syukur ke hadirat allah tuhan yang maha esa karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya kita dapat hadir untuk mengikuti upacara peringatan hari ulang tahun ke 74 kemerdekaan republik indonesia dengan penuh hikmah.

Pada upacara peringatan ke 73 hari Bhayangkara tahun 2019 Presiden Joko Widodo telah menyampaikan lima instruksi kepada institusi Polri salah satunya tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia Polri, hal tersebut merupakan implementasi agenda pembangunan dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional atau JPNN 2020-2024 yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing secara lebih rinci.

Instruksi tersebut menjadi penjabaran rencana kerja pemerintah tahun 2020 yaitu peningkatan sumber daya manusia untuk pertumbuhan berkualitas dengan terwujudnya sumber daya manusia yang unggul maka Indonesia akan meraih kemajuan dan kesejahteraan sebagaimana tema peringatan hari ulang tahun ke 74 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 ini.

Dalam tataran operasional kita akan menghadapi berbagai agenda nasional sebagai tahapan akhir Pengamanan pemilu 2019 Polri akan mengamankan pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD kabupaten kota DPRD provinsi DPD RI dan DPR RI serta pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih hasil pemilu tahun 2019, demikian pula dengan fenomena globalisasi sebagai akibat pesatnya perkembangan teknologi dan informasi tidak hanya memberi manfaat yang besar namun juga membawa berbagai potensi gangguan yang harus kita antisipasi bersama.

Diakhir amanat yang dibacakannya, juga disisipkan pesan untuk tetap menjalin koordinasi dan kerjasama sinergis dengan satuan TNI di semua tingkatan pemerintah daerah, para pemangku kepentingan serta seluruh elemen masyarakat, baik secara formal maupun informal selanjutnya pedomani seluruh Ketentuan dan aturan yang berlaku serta hindari perbuatan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

BERITA LAINNYA

MAMUJU 6029144990609635305

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item