Bupati Mamuju Fokus Kembangkan Sektor Wisata


Bupati Mamuju H. Habsi Wahid bersama Sekda H. Suaib uji coba kapal Pariwisata

Mamuju, FMS - Sektor pariwisata di Kabupaten Mamuju, menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan sejak beberapa tahun ini. Tak heran, saat ini kepariwisataan di wilayah Mamuju itu cukup dipertaruhkan di kancah nasional maupun internasional, salah satunya adalah destinasi wisata kali Mamuju, Pulau Karampuang, Pantai Belang-belang dan lainnya.

Di sisi lain, ternyata konsep pengembangan pariwisata yang dilakukan pemkab setempat cukup efektif. Apalagi, imbas dari penataan ini membuat perekonomian masyarakat turut meningkat. 

Namun demikian, hal itu ternyata belum terlalu membuat Bupati Mamuju H. Habsi Wahid berbangga hati. 

Untuk itu, di dua tahun ini, Bupati akan fokus penataan kepariwisataan supaya lebih maksimal lagi. 

"Kami, berkomitmen untuk terus mengembangkan seluruh potensi pariwisata yang ada di wilayah kami," ujar Habsi.

"Tujuannya, tak lain untuk menguatkan visi misi pengembangan sektor kepariwisataan ke depannya," sambungnya.

Menurutnya, konsep kepariwisataan di Mamuju sudah sangat efektif. Sehingga, perlu dipertahankan atau bila perlu harus ditambah lagi. Sehingga, bisa lebih mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Dari tahun ke tahun, kunjungan wisatawan ke wilayah kami terus meningkat. Nah, hal inilah yang salah satunya harus dipertahankan. Caranya, dengan melakukan penataan lagi," jelas dia.

Dalam pengembangan wisata ini, ada tiga hal yang ditekankan yakni dari sisi aksesibilitas akomodasi dan atraksi. Untuk aksebilitasi sendiri, di antaranya melakukan penataan dan penambahan di sekitar lokasi wisata. Misalnya, membangun akses jalan yang lebih memadai.

Untuk akomodasi, sambung dia, yakni dengan melakukan kerja sama, baik itu dengan pengelola hotel ataupun pengusaha travel. Sehingga, nantinya antara pengelola wisata dan penyedia jasa travel dan penginganan bisa saling terhubung atau terintegrasi.

Sisi atraksi juga tak kalah penting. Dalam hal ini, harus melibatkan seniman. Jadi, dalam peningkatan pariwisata ini sisi kesenian daerah harus juga ditonjolkan.

"Jadi, pertunjukan kesenian itu juga perlu. Untuk manambah daya tarik kunjungan," sebut Habsi.

(Wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 5243977208601259

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item