Ekspor ke Tiongkok, Palm Olein Asal Sulawesi Barat Tembus Rp 100 Milyar


Mamuju, FMS - RBD Palm Olein merupakan hasil olahan kelapa sawit dan ternyata menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Sulawesi Barat. Kegiatan ekspor RBD Palm Olien banyak dilaksanakan di Kabupaten Mamuju Utara, yang merupakan salah satu daerah penghasil kelapa sawit terbesar di Provinsi Sulawesi Barat.

Sebanyak 15.000 MT RBD Palm Olein akan diekspor ke Tiongkok. Tidak tanggung-tanggung, nilainya lebih dari 100 milyar rupiah. Di Tiongkok, RBD Palm Olein ini digunakan untuk industri minyak goreng, campuran kosmetik, dan sabun.

Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Mamuju, Drh. Akhmad Alfaraby menyatakan, RBD Palm Olein milik PT. TSL ini akan diangkut menggunakan kapal Mt. Maple VII/18 berbendera Singapura. 

"Sebelum diangkut kita lakukan pemeriksaan di Pelabuhan Tanjung Bakau, seperti pemeriksaan kelengkapan administrasi meliputi packing list, commercial invoice, shipping instruction, dan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB)," sebutnya.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kebenaran isi dan jumlah muatan kapal. 

"Setelah semua selesai maka petugas karantina menerbitkan Phytosanitary Certificate (KT-10) sebagai salah satu syarat ekspor yang diminta negara tujuan," ucap Akhmad Alfaraby.

(Wati)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 2313701096527990207

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item