Wagub Serahkan Lima Ranperda

Mamuju, FMS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulbar bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar menggelar rapat paripurna Penyerahan Lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di ruang rapat paripurna DPRD Sulbar, Rabu (4/12/2019).

Ranperda diserahkan Wagub Enny Anggraeni Anwar kepada Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abd Rahim, ke lima Ranperda tersebut yaitu, Ranperda tentang Retribusi Jasa Umum, Ranperda tentang Jasa Usaha, Ranperda tentang Perubahan RPJMD Sulbar tahun 2017-2022, Ranperda tentang Pembentukan Rencana Pembangunan Iddustri di Sulbar tahun 2019-2039, dan Ranperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Sulbar.

Rapat paripurna penyerahan lima Ranperda dipimpin Wakil Ketua II DPRD Sulbar, Abdul Rahim.

Enny dalam sambutannya menyampaikan, pengajuan ke lima Ranperda merupakan pelaksanaan urusan yang menjadi kewenangan provinsi,dimana kesemuanya bertujuan untuk memenuhi hak masyarakat di segala sektor atau bidang melalui kebijakan yang berpihak kepada masyarakat.

Terkait Ranperda tentang Retribusi Jasa Umum dan Jasa Usaha, Enny mengatakan, dengan adanya perubahan peraturan daerah tentang retribusi jasa umum dan jasa usaha ini di harapkan akan mampu memberikan kontribusi dan mendorong peningkatan pendapatan asli daerah Provinsi Sulawesi Barat.

Terkait usulan lima regulasi ini, Enny mengharapkan, usulan Ranperda tersebut bisa selesai tepat waktunya, agar bisa memberikan manfaat yang besar bagi pemerintah daerah dan bagi kesejahteraan masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abdul Rahim menyampaikan, berdasarkan ketentuan pasal 11 ayat 3 huruf a peraturan tata tertib DPRD menjelaskan bahwa Ranperda dilakukan melalui dua tahapan, pada tahapan pertama yaitu rancangan peraturan daerah berasal dari kepala daerah diawali dengan penjelasan gubernur dalam rapat paripurna.

“Setelah melalui pembahasan dan penyerahan lima ranperda ini,berdasarkan surat rekomendasi dari Baperpemda, maka Bamus PRD menindaklanjuti dan menyepakati jadwal pembahasan serta menyetujui lima ranperda yang akan dibahas dalam rapat pansus DPRD Sulbar,” tandas Rahim.

Hadir pada rspat paripurna tersebut sejumlah anggota DPRD dan pimpinan OPD.(Awal).

Related

MAMUJU 7279602319173974227

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini