Ishak: "Matangkan Ini Jika Tak Ingin Gagal"...


Kepala Bappeda Mateng Ishaq Yunus 

MATENG, FMS -- Kepala Bappeda Mamuju Tengah Ishaq Yunus menegaskan, sasaran utama pembangunan adalah untuk mensejahterakan rakyat.

Sebab itu pembangunan harus dimulai dari perencanaan yang matang.

"Tapi kalau saja dalam perencanaan terjadi kesalahan, maka sama saja kita merencanakan kegagalan," ucap Ishak pada pembukaan forum konsultasi publik dalam rangka rancangan awal penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021, di ruang pola kantor bupati, Rabu (12/02/2020). 

Olehnya Ishak berharap para pemangku kepentingan, dan segenap pimpinan OPD, memberikan masukan terkait penyusunan rencana awal RKPD tahun 2021.

Ia menjelaskan, latar belakang perencanaan pembangunan memiliki siklus perencanaan. Pertama adalah pelaksanaan forum perangkat daerah. Setelah itu rancangan RKPD yang diusulkan pemangku kepentingan bersama perangkat kepala daerah, disampaikan pada bupati melalui sekretaris daerah.

Kemudian disusul penyampaian surat edaran pada seluruh kepala kantor untuk menyusun rancangan awal rencana kerja OPD.

"Nah berkenaan dengan itu, seluruh OPD harus melaksanakan forum perangkat daerah. Pelaksanaan ini berlanjut pada musrembang kecamatan dan kabupaten," paparnya.

"Kemudian kita menyusun rencana akhir RKPD sebagai pedoman, dan penyusunan kebijakan umum anggaran, serta prioritas plafon anggaran tahun 2021," tambah Ishaq.

Tujuan tahapan ini, lanjut dia, guna menyampaikan arah pembangunan dan program prioritas yang akan dilaksanakan pada 2021.

Disamping itu, peserta forum juga menyampaikan isu strategis terkait permasalahan pembangunan yang harus dituntaskan, atau yang harus diatasi tahun depan.

Wakil Ketua II DPRD Mateng Yulius Sanusi berharap, forum konsultasi publik yang berlangsung siang tadi, menjadi sebuah wadah yang memberikan masukan pada pemerintah daerah.

Tujuannya tak lain untuk mematangkan perencanaan, serta membentuk arah kebijakan yang akan dilaksanakan kedepan.

Yulis menilai, program kerja kedepan merupakan kebutuhan prioritas yang sangat diharapkan masyarakat. Olehnya semua perencanaan harus tetap sejalan dengan arah kebijakan.

"Alhamdulillah hari ini kita bersama-sama melaksanakan salah satu proses perencanaan pembangunan dan rencana kerja pemerintah daerah," pungkas Yulius. (jml/riz)

Related

MATENG 8418999706065201643

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini