Besok, Bandara Tampa Padang Tak lagi Melayani Penerbangan Komersil

Ket foto: Bandara Tampa Padang, Mamuju. dok ist.


MAMUJU,FMS-Kepala bandara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju, Juli Mujiono menyebutkan bahwa mulai, Sabtu (25/4) tak lagi melayani penerbangan pesawat komersil yang memuat penumpang hingga sampai  1 Juni 2020 mendatang.
Kecuali kata Juli untuk  penerbangan yang memuat seperti, kepresidenan, militer, angkutan logistik dan obat-obatan tetap dilayani.

“ Jadi yang ditiadakan itu penerbangan komersil, tetapi kalau penerbangan VIP dalam artian kepresidenan, militer, angkutan logistik dan obat-obatan kita menerima. Seperti juga penerbangan yang over flight lain yang melintas,” ujarnya Jumat (24/4).

Dijelaskan bahwa itjen Perhubungan udara kementerian perhubungan (Kemenhub) menghentikan aktivitas penerbangan dalam dan luar negeri yang berlaku mulai hari ini Jumat, 24 April 2020 sampai 1 Juni 2020, Namun kata Juli pihak kepala otoritas penerbangan wilayah Makassar memberikan kelonggaran batas hari ini untuk melayani penerbangan komersil.

“Jadi mulai Sabtu (25/4) sudah tidak ada lagi penerbangan komersil hingga sampai tanggal 1 Juni mendatang,” terangnya.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto, mengatakan penghentian penerbangan itu berlaku mulai Jumat, 24 April 2020 sampai 1 Juni 2020.

"Pertama larangan melakukan perjalanan dalam negeri maupun luar negeri, baik transportasi udara berjadwal maupun carter mulai dari 24 April 2020 sampai 1 Juni 2020," kata Novie dalam pernyataan pers secara online di Kementerian Perhubungan, Kamis (23/4).

Meski demikian, ada pengecualian yang diberlakukan dari kebijakan larangan terbang ini. Yakni khusus penerbangan  untuk:
1. Pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia dan tamu/ wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional.
2. Operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriasi flight) pemulangan WNI maupun WNA.
3. Operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat.
4. Operasional angkutan kargo (kargo penting dan esensial).
5. Operasional lainnya dengan seijin dari Menteri Perhubungan dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19
Novie menambahkan, untuk pesawat konfigurasi penumpang, dapat digunakan untuk mengangkut kargo khusus kebutuhan medis, sanitasi, kesehatan dan logistik yang relevan.

Meski operasional penerbangan dihentikan, namun dia menjelaskan, untuk layanan navigasi penerbangan tetap buka. Artinya, layanan navigasi untuk pesawat over flight tetap dilakukan dan buka 100 persen.(Awal)

Related

MAMUJU 4525985452993819750

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini