Besok Tim Rukyatul Kemenag Sulbar Pantau Hilal Penetapan 1 Ramadhan

MAMUJU, FMS - Tim rukyatul hilal kantor kementerian agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Barat, Kamis besok (23/4) akan melakukan pemantauan hilal masuknya 1 ramadhan 1441hijriyah, di tanjung mercesuar, Desa Sumare, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Sekira pukul 17.30 Wita.

"Tiap tahun kita selalu melaksanakan rukyatul hilal sambil menunggu juga hasil dari kementerian agama  pusat," kata kepala kantor kementerian agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulbar, Muflih B Fattah. Rabu (22/4).

Menurutnya, kata Muflih bahwa pemantauan hilal dengan cara menggunakan alat teropong. Meski  terkadang terkendala di daerah Sulbar  hilal tak tak kelihatan akibat faktor dari bias cahaya yang tertutup oleh awan.
Namun akan tetap menunggu keputusan tim rukyatul dari kementerian agama di Jakarta untuk penetapan masuknya 1 ramadhan.

Pemantauan hilal tersebut juga akan dihadiri perwakilan dari, pengadilan negeri agama Mamuju, Majelis  ulama Indonesia ( MUI) Sulbar, ormas islam seperti Nahdatul ulama dan Muhammadiyah serta tim khusus rukyatul dari kementerian agama Sulbar.

Ditengah pandemi COVID-19 akan tetap mengedepankan physical distencing (jaga jarak) dan tetap mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker.

"Kita batasi hanya 10 orang, namun wartawan bisa meliput tapi jarak jauh karena bagaimapun kita juga butuh untuk dipublikasikan penentuan hilang yang dilakukan oleh tim rukyatul Sulbar," terangnya.

Sementara kepala bidang Binmas Islam di Kementerian agama ( Kanwil Kemenag) Sulbar, Misbahuddin mengatakan, pemantauan hilal nantinya akan menggunakan dua alat teropong.

"Kondisinya saat ini terbatas untuk mengundang banyak orang, andaikan normal tidak ada virus corona kita akan mengundang banyak orang untuk menyaksikan pemantauan hilal besok," terangnya.(Awal).

Related

MAMUJU 5777463841614063851

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini