Kades Salukayu Relokasi Dana Desa Antisipasi Penyebaran Covid-19

MAMUJU, FMS - Langkah tanggap yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju yang telah mengeluarkan kebijakan tentang relokasi dana desa untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 di apresiasi oleh sejumlah kepala desa.

Salah satunya kepala Desa Salukayu, Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju Abd Rahman,M menurutnya menilai kebijakan Pemkab Mamuju yang  merujuk pada surat edaran Menteri Desa dan PDTT No 8 tahun 2020, tentang desa tanggap covid-19 dan penegasan padat karya tunai desa adalah pilihan paling bijak saat ini.

Meski mengaku harus mengurungkan salah satu program untuk dialihkan sementara menangani Covid-19, namun Kades yang juga adalah wakil ketua Asosiasi perangkat desa seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Mamuju ini, mengaku telah mantap untuk menggeser kegiatannya sebesar Rp 200 juta sebagaimana instruksi Bupati Mamuju, terlebih ia telah mendapat dukungan dari masyarakatnya.

"Persoalan kesehatan dan keselamatan itu harus paling utama, nanti kalau sudah membaik baru kita fikirkan lagi soal pembangunan yang telah direncanakan, tentu kita akan prioritaskan kembali" katanya, Kamis (9/4).

Rahman mengatakan akan membeli alat kesehatan habis pakai seperti masker, disinfektan, vitamin serta sejumlah sarana lain yang akan digunakan dalam mencegah penularan virus corona.

Selain itu, untuk mengantisipasi virus yang lebih berpotensi di bawa oleh orang yang datang dari luar daerah, saat ini pintu utama masuk ke desa Salukayu telah diberlakukan penjagaan portal, sehingga keberadaan orang baru atau yang tiba dari bepergian akan tetap terdeteksi dan langsung dilakukan antisipasi.

Rahman mengaku terus berupaya membangun komunikasi dengan desa tetangga dan saling bertukar informasi terlebih Desa Salukayu adalah pintu masuk yang dilalui pula oleh warga dari tiga desa lain yakni Desa Sukadamai, Salubarana dan Desa Kalonding.(Adv/Awal).

Related

MAMUJU 5556422166771329410

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini