140 Warga Kalumpang di Rapid Test Hasilnya Negatif

MAMUJU, FMS - Ditengah kondisi sosial masyarakat Mamuju yang mulai longgar terhadap Standar kesehatan pencegahan Covid-19, Tim gugus tugas percepatan penanganan corona virus disease (covid-19) ternyata tidak berhenti melanjutkan tugasnya.

Tim yang terdiri dari empat personil di bantu empat orang analis dari Puskesmas se-Kecamatan Kalumpang, di dampingi Kepala BPBD Mamuju Muh. Ali Rachman dan Kepala Bidang Penanganan Penyakit menular Alamsyah Dinas Kesehatan Mamuju dengan menyasar warga Kecamatan Kalumpang untuk selanjutnya di lakukan rapid tes guna memastikan kondisi warga yang di duga pernah kontak dengan Pasien Dalam Perawatan (PDP) yang saat ini telah melakukan isolasi dan perawatan di rumah sakit.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Mamuju, Andi Rasmuddin membenarkan, telah dilakukan rapid tes 140 orang warga Kecamatan Kalumpang dan hasilnya telah diumumkan semua negatif.

 Namun demikian, ia menjelaskan tim gugus tugas akan menunggu hasil tes Swab PDP inisial MH yang diduga pernah kontak dengan warga, jika hasil tes yang baru akan keluar beberapa hari kedepan dinyatakan negatif maka langkah pengujian dengan rapid tes ke sejumlah warga Kalumpang akan di hentikan, sebaliknya jika hasil swab PDP tersebut ternyata positif maka tim gugus akan kembali melakukan rapid tes lanjutan minimal 14 setelah dilakukan tes pertama.

Hal lain dijelaskan Juru bicara yang juga adalah kabid Informasi dan Komunikasi  publik Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Mamuju, bahwa tim gugus yang menyasar Kecamatan Kalumpang juga telah melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah tempat di wilayah tersebut demi menjaga kondisi terhadap potensi penularan virus corona di wilayah tersebut.

Ia juga berpesan perlunya masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan dan tetap menjalankan standar kesehatan, minimal dengan tetap menjaga jarak, memakai masker dan tidak sering berkumpul di keramaian.

"Karena seberapa besar pun semangat tim gugus yang tak henti menjalankan langkah antisipasi dan langkah penanganan, tanpa peran aktif dan kesadaran masyarakat maka upaya ini tentu tidak akan maksimal dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona," ujarnya.

Sebelumnya, MH merupakan anggota Polsek Rural Kalumpang  kesatuan Polresta Mamuju Rabu  (20/5) melakukan pemeriksaan Swab di rumah sakit Universitas Hasanuddin Makassar yang hasilnya reaktif positif dan hingga kini masih menjalani perawatan di rumah sakit.(Al).

Related

MAMUJU 9143420053048084843

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini