Ditenga Pandemi Warga Mamuju Kembangkan Tanaman dengan Cara Hidroponik


MAMUJU, FMS - Dimasa pandemi virus corona masyarakat dituntut untuk berinovasi dan berkreatif mengembangkan kemapuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. 

Seperti halnya yang dilakukan Rasmadi warga jalan Abdul Malik Pettana Endeng, Kelurahan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat dengan mengembangkan tahanan jangka pendek seperti sayur bayam,paccoi,seledri, selada junction RZ, kangkung dan cabe rawit dengan cara budidaya  hidroponik.

Awal usahanya ia rintis  di September 2019 hanya  memakai sistem sederhana yang ia kembangkan dilantai dua rumahnya yang luasnya sekitar 9x7 meter bermodalkan Rp 10 juta. Ia mengaku hanya iseng-iseng saja karena teropsesi melihat video budidaya hidroponik di youtube, bahkan banyak yang menjadikannya  sebagai mata pencarian. 

“Kita belajar dulu setelah adanya covid-19 awal Januari 2020 kita sudah membuat skala rumahan sekitar 80 lubang setelah dilihat perkembangannya kemudian meningkat lagi kita buat lagi skala home industry sekitar 1.200 lubang  dipertengahan September kemarin itu nambah lagi sekitar 400 lubang,” kata Rasmadi, Selasa  (6/10).

Rasmadi merupakan ASN yang berkerja di Badan Pengelolaan Keuangan Pemprov  Sulbar mengaku termotivasi mengembangkan teknik hidroponik karena tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas  dan juga jenjang waktunya relatip singkat, mulai dari tahap pembibitan, peremajaan hingga masa panen.

 “Kita disini bisa save waktu  setiap dua minggu panen karena kita ada pembibitan parsial setiap dua minggu atau sepuluh hari kita melakukan  membibitan mulai  pembibitan, peremajaan dan pembesaran,” ujarnya.

Sedangkan untuk pemasarannya kata Rasmadi   telah memiliki langganan tetap seperti restauran, pedagang dan masyarakat di Mamuju . Dimana setiap kali panen  ia mendapat hasil sekitar Rp 1 juta.

Ia mengaku kendala dihadapi, pasalnya  masyarakat masih kurang mengetahui terkait budidaya hidroponik  dan mamfaatnya. Serta masih condong mengkomsumsi tanaman yang berasal dari tanah .

“Jadi sambil kita menjual sambil kita mengedukasi masyarakat juga apa mamfaatnya,” ujarnya.

Rasmadi  berharap semua eleman masyarakat apakah dia  ASN maupun masyarakat biasa untuk terus berkarya meski dalam kondisi serba keterbatasan saat ini dengan mengembangkan tanaman dengan cara  hidroponik.(Al).

Related

MAMUJU 422722795881242003

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini