Arsal Aras, Ketua Dewan Pembina Gerakan Pemuda Ansor, Mateng : Saya Bangga Menjadi Warga Nahdiyin


Mateng, FMS - Diusianya yang ke 95 tahun, Nahdlatul Ulama (NU) menjadi organisasi yang berperan penting dalam integrasi Islam dan negara. 


Sepanjang sejarah, NU juga memiliki peran bagi bangsa Indonesia. Pada masa pra kemerdekaan, saat itu NU mengeluarkan seruan agar warga Nahdliyin membela negara dari ancaman penjajah.


Hingga hari ini, peran NU didalam integrasi dengan negara masih menjadi pionir, yang menyatakan secara harfiah Indonesia NKRI ini sudah final, itu adalah kalimat NU.

  

Selain integrasi dengan negara, NU juga berperan di dalam integrasi sosial antara umat Islam bahkan hubungan antar manusia.


95 tahun NU tumbuh dengan corak dan kulturnya sendiri. NU juga menampilkan sikap akomodatif terhadap berbagai madzhab keagamaan yang ada disekitarnya, dan menampilkan sikap yang toleran terhadap nilai-nilai local. 


NU juga tidak dalam upaya menyatukan dan menghilangkan madzhab, seperti yang selama ini diperjuangkan dan menjadi asal-usul berdirinya NU. 


NU memiliki ciri khas keagamaannya sendiri, yaitu mampu menerapkan ajaran teks keagamaan yang bersifat sacral di dalam konteks budaya yang bersifat profane. 


NU telah membuktikan bahwa universalitas Islam dapat diterapkan tanpa harus menyingkirkan dan berhadap-hadapan dengan budaya dan tradisi lokal atau nilai-nilai yang berasal dari luar dirinya.


NU mengalami berbagai liku-liku dalam perjalanan panjang sejarahnya. Peran dan perjuangan NU sebagai organisasi keagamaan memang sangat signifikan. Sejak masa pendiriannya, NU telah menunjukkan kiprahnya agar terwujud masyarakat Indonesia yang lebih berkembang.


NU selalu mengambil peran dalam setiap periode sejarah di Indonesia mulai dari masa perjuangan menuju kemerdekaan, pada masa kemerdekaan, orde lama, orde baru, dan bahkan hingga saat ini. Pengaruhnya pun sangat luas dan berhasil menciptakan gagasan-gagasan yang kelak menjadi dasar bagi perjalanan NU di masa yang akan datang.


95 tahun Nahdlatul Ulama, tentu menjadi usia yang matang dan sangat dewasa untuk sebuah organisasi. Saya menaruh harapan besar terhadap NU di masa depan.


Akhirnya menutup tulisan ini saya Arsal Aras  selaku warga Nahdiyiin yang juga diamanahkan sebagai  Ketua Dewan Pembina Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Mamuju Tengah mengatakan bahwa saya BANGGA menjadi warga Nahdiyin.


Selamat hari lahir NU yang ke 95 tahun.


#Khidmah NU

#Menyebarkan Aswaja

#Meneguhkan Komitmen Kebangsaan

Related

MATENG 2067894716184579356

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini