Penomena Halo Matahari Muncul di Wilayah Sulbar


MAMUJU,FMS-Penomena matahari berbentuk hitam dan dikelilingi pelangi yang berbentuk cincin terlihat diwilayah Sulawesi Barat, Sabtu (6/3). Selain di Mamuju juga terlihat di Majene pada pukul 13.00 siang. 

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Majene, Arman mengatakan penomena matahari tersebut dinamakam halo. Dimana kejadian tersebut akibat adanya sinar matahari menembus lapisan awan Cirrus Stratus atau lapisan awan halus yang merata.

"Ini sering terjadi bukan hanya matahari tetapi juga pada bulan yang dikelilingi cincin pelangi," ujarnya.

Dikatakan kejadian ini menurut kearifan lokal atau kepercayaan masyarakat biasanya petanda akan terjadi hujan beberapa hari kedepan.

Menurutnya kejadian tersebut tak dapat diprediksi kapan terjadi berapa bulan atau tahun. Namun kata Arman tergantung jika lapisan awan cirrus  banyak maka fenomena matahari halo tersebut muncul.

"Itu tidak ada waktunya bisa setiap saat kalau mendukung kondisi admosfirnya. Tergantung juga, kalau awan cirrusnya sedikit tidak ada. Tapi kalau awan cirrusnya banyak biasanya muncul," ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik karena kejadian tersebut biasa terjadi. 

"Dan juga tidak menimbulkan kejadian aneh seperti iritasi bagi kulit," (Awal).

Related

MAMUJU 4177404155204708596

Post a Comment

  1. Nissan-Mitsubishi Rancang Mobil Listrik Harga Rp 200 Jutaan
    Beberapa harga mobil listrik memang relatif mahal. Namun, tak perlu khawatir, Nissan dan Mitsubishi dilaporkan berencana meluncurkan mobil listrik di tahun 2021. Melansir melalui Nikkei, mobil listrik ini nanti berukuran kecil seperti kei car. Mobil tersebut akan dijual dengan harga...Baca Selengkapnya

    ReplyDelete

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item