Arsal Aras: Pramuka Adalah Wahana Penting Bagi Generasi Bangsa


MATENG, FMS - Gerakan Pramuka adalah salah satu wahana penting untuk membentuk watak atau karakter serta kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa. 

Hal itu disampaikan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Mamuju Tengah (Mateng) H Arsal Aras, saat sambutan pembukaan Jambore Cabang I tahun 2022, di lapangan Desa Bambamanurung Kecamatan Topoyo, Rabu (25/5) sore.

Gerakan Pramuka merupakan sistim pendidikan non formal yang membantu melengkapi pendidikan formal,  juga sebagai tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin serta pembinaan semangat kebersamaan. 

"Di organisasi gerakan Pramuka, kita dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh dibangku sekolah. Selain belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain dialam bebas,  juga belajar membangun keberanian, tanggung jawab serta belajar memimpin. Semuanya itu menempa kita untuk mandiri, berani bertanggung jawab, disiplin dan terampil sehingga semua harus bangga menjadi anggota Pramuka,” kata Arsal

Di era globalisasi saat ini, penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia adalah faktor penentu paling utama.

"Sebab itu, kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter serta memiliki watak yang kuat untuk membangun bangsa ini," sambungnya.

Ketua Kwarcab Mateng menambahkan, tak hanya membangun manusia dan kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadianya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kekompakan serta selalu bersatu dalam menjunjung kesatuan dan persatuan. 

Arsal berharap, Jambore Cabang I yang direncanakan hingga 29 Mei 2022, dapat mendidik adik-adik penggalang menjadi Pramuka yang tangguh kreatif dan ceria.

“Adanya Jambore Cabang ini, semoga dapat membentuk generasi sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka,” harapnya.

Ketua Kwarcab yang juga menjabat Ketua DPRD Mateng juga menyampaikan apreseasi kepada seluruh panitia penyelenggara dan juga seluruh peserta yang cukup antusias dalam menyukseskan Jambore Pramuka Cabang I di Bumi Lalla' Tassisara. 

Kegiatan Pramuka yang sedang berlangsung diikuti 1.962 peserta dari golongan penggalang. Tingkat SD 79 sekolah, SMP sebanyak 30 se wilayah Kwarcab Mateng. 

Pembukaan Jambore Cabang I juga dihadiri Wakil Bupati H. Muh. Amin Jasa, Sekkab Mateng H. Askary Anwar, Wakapolres Kompol Haeruddin, Wakil Ketua 1 DPRD Herman, Anggota DPRD, pimpinan OPD, Kepala Desa Bambamanurung serta tamu undangan. (jml)

Related

MATENG 3602624495293166269

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini