HUT RI Ke-77, 732 Narapidana di Sulbar Terima Remisi, 1 Orang Bebas


MAMUJU,FMS - Sebanyak 732 warga binaan atau narapidana di Sulawesi Barat mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan bertepatan dengan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik menyerahkan secara langsung surat keputusan (SK) remisi secara simbolis kepada narapidana yang mendapat remisi di Rutan Kelas IIB Mamuju.

Akmal Malik pada kesempatan itu membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. 

Dalam sambutannya disampaikan, pemberian remisi kepada warga binaan pemasyarakatan merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan bagi warga binaan yang telah berkomitmen mengikuti program-program pembinaan yang diselenggarakan oleh unit pelaksana teknis pemasyarakatan dengan baik dan terukur. 

"Tujuan utama program pembinaan adalah untuk menyiapkan bekal mental, spiritual dan sosial untuk dapat berintegrasi secara sehat di saat yang bersangkutan kembali di tengah-tengah masyarakat nantinya," kata Akmal. 

Ia juga mengatakan, bagi seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi pada momen hari kemerdekaan ke -77 RI, untuk memanfaatkan momen tersebut sebagai sebuah motivasi untuk tetap berperilaku baik, taat pada aturan dan tetap mengikuti program pembinaan dengan tekun dan bersungguh-sungguh.  

"Bagi seluruh warga binaan manfaatkan momen ini sebagai sebuah motivasi taat pada aturan .Tanamkan dalam diri bahwa proses yang sudah dijalani bukan sebuah penderitaan namun sebuah proses pembinaan-pembinaan untuk menjadi lebih baik," kata Akmal.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulbar Faisol Ali mengatakan, syarat pemberian remisi ke narapidana diantaranya telah menjalani hukuman 6 bulan, serta berkelakukan baik.

Disebutkan jumlah narapidan dan tahanan yang menghuni 7 lapas, LPKAdan rutan di wilayah Sulbar sebanyak 1.330 orang. Dan yang memperoleh remisi umum sebanyak 732 orang. Sedangkan satu orang dari rutan kelas IIB Pasangkayu dinyatakan bebas.

"Itu hak dari warga binaan ada sekitar 1.330 keseluruhan diusulkan, namun yang 732 yang lolos," tutupnya. (Adv)

Related

MAMUJU 3635661772364298448

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini