Wabup Amin Jasa Lantik Majelis TP-TGR Mateng

Pengambilan sumpah Majelis TP-TGR oleh Wakil Bupati Mamuju Tengah H. Amin Jasa.
MATENG, FMS - Wakil Bupati (Wabup) H Muh Amin Jasa pimpin pengambilan sumpah dan melantik, Majelis Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TP-TGR) Mamuju Tengah (Mateng). 

Pelantikan dan pengambilan sumpah Majelis TP-TGR, sesuai dengan keputusan Bupati Mateng nomor 188.4.45/ 227/vii/2022 tanggal 13 juli 2022 tentang Pembetukan TP-TGR, sebagaimana disampaikan Wabup Mateng dalam sambutan tertulisnya.  

Amin Jasa mengatakan, Majelis TP-TGR yang dibentuk berdasarkan Undang Undang nomor 1 tahun2004 tentang perbendaharaan negara, yang tercantum dalam Bab 9 pasal 59 sampai 63, memuat pengaturan tentang penyelesaian kerugian negara atau daerah. 

Sebagaimana ketentuan tersebut dibuat untuk menghindari kerugian negara atau daerah, akibat tindakan melanggar hukum atau kelalaian seseorang yang menimbulkan kerugian negara. 

"Sehingga dengan penyelesaian kerugian negara atau daerah yang telah terjadi diharapkan dapat dipulihkan kembali," ucap Wabup dalam sambutannya di Aula Kantor Bupati Mateng,  Rabu (19/10/2022). 

Ketua Majelis TP-TGR,  Dr H Askary Anwar menandatangani berita acara.
Dikatakan pula, Majelis TP- TGR bertugas untuk menangani penyelesaian kerugian negara atau daerah yang telah ditunjuk ditetapkan oleh bupati.

"Esensi Majelis TP TGR, bersifat adil dan obyektif untuk semua pihak. Karena tim ini bukan hanya untuk mengumpulkan penata usahaan  keuangan, menganalisa dan mengevaluasi namun lebih dari itu.  Yang pada akhirnya harus mengeksekusi sebuah keputusan," jelas Amin Jasa.

Ia berharap  terbentuknya majelis yang di ketuai Sekretaris daerah, dapat memutus mata rantai temuan yang berulang, serta TP-TGR dapat meningkatkan pengeloaan keuangan yang lebih baik.

"Saya yakin dan percaya bahwa majelis TP-TGR dapat bekerja dengan validasi data yang akurat dan memiliki dasar hukum serta kompetensi yang mumpuni sehingga dapat menjadi dasar dan pertimbagan kepala daerah dalam mengambil keputusan," ucapnya.

Sebagai pimpinan daerah, ia merasa yakin percaya anggota majelis yang baru saja dilantik karena dorongan niat yang tulus dalam mengemban amanah untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, khususnya daerah Mamuju Tengah.

Ditempat yang sama, Ketua Majelis TP-TGR yang baru saja dilantik, Dr H Askary Anwar menyampaikan, kepercayaan yang diamanahkan sebagai Ketua TP-TGR merupakan sebuah tugas yang patut untuk dijalankan sebagaimana mestinya. 

Sekkab Dr Askary mengatakan, terbentuknya majelis ini, adalah sebuah tuntutan tugas yang patut di apreseasi dan kami berharap adanya dukungan dari seluruh OPD dan seluruh pihak terkait.

"Banyak masalah yang akan dituntaskan segera, In sya Allah secepatnya akan dilakukan aksi implementasi sesuai aturan yang berlaku," singkat Ketua Majelis yang barusaja dilantik.

Pelantikan dan Pengambilan sumpah ditandai penanda tanganan berita acara sembilan anggota Majelis,  yang diketuai Sekretaris daerah, Inspektur Inspektorat sebagai wakil ketua I, Asisten Administrasi dan Umum Sekretariat daerah wakil ketua II dan Kepala Badan Keuangan sebagai sekretaris.

Selain itu Kepala Bidang Akuntansi dan Badan Keuangan sebagai Wakil Sekretaris Majelais TP-TGR. Selanjutnya melibatkan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Kabag Hukum, Kepala Bidang Aset dan Kepala Bidang pembelanjaan Badan Keuangan sebagai anggota Majelis TP-TGR.    

Kegiatan Pengambilan sumpah dan pelantikan TP-TGR juga dirangkaikan Purna bakti Kepala Keuangan dan Aset Daerah Mateng Drs, Mansyur, juga dihadiri seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah. (jml)

Related

MATENG 6710551840891817346

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini