Pemukiman Warga di Dusun Tamao, Tapalang Terendam Banjir


MAMUJU,FMS-Hujan deras mengguyur mengakibatkan banjir terjadi di Dusun Tamao, Desa Tapalang, Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat (18/11/2022).

Anwar warga setempat mengatakan saat ini sedikitnya ada 11 rumah warga yang terendam air. Ketinggian air sampai 70 sentimeter di halaman rumah. 

"Kalau didalam rumah ketinggian air sudah mencapai 30 sentimeter," ujarnya.

Lanjut dikatakan bahkan pihaknya mengimbau warga agar mengungsi ditempat yang lebih aman untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. Pasalnya hujan saat ini masih turun mengguyur wilayah tersebut. 

"Kebetulan saya dilokasi sekarang, jadi saya sampaikan ke masyarakat tolong dikosongkan ini tempat (mengungsi) di rumah kerabatnya yang dirasa aman sambil mengemas barang berharga miliknya. Jangan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan karena hujan belum ada tanda-tanda rendah," terangnya.

Dikatakan bahwa tingginya curah hujan  yang mengguyur mengakibatkan debit air sungai Tamao meluap akibat terjadi pendangkalan. Akibatnya setiap kali hujan deras air menggenangi pemukiman warga.

Anwar mengaku bahwa pihaknya sudah bersurat ke balai dengan harapan aliran sungai Tamao di keruk, sehingga tidak terjadi pendangkalan lagi.

"Kami sudah menyurat ke Balai tapi  sampai hari ini belum ada jawaban apa lagi tindakan," ungkapnya.

" Kami masuk di PUPR Kabupaten di arahkan ke Balai setelah kami di balai kami di arahkan ke PUPR Provinsi,

Katanya nanti PUPR Provinsi yang menyurat ke Balai. Sementara yang kami harapkan ini adalah mengantisipasi secepatnya air yang selalu masuk di pemukiman.dan menginginkan pihak yang terkait bisa turun langsung melihat kejadian seperti ini. Karena setiap hujan deras pasti air sungai meluap ke pemukiman warga," sambungnya.(Al).

Related

MAMUJU 785411511965046446

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini