KPU Mamuju Uji Kekuatan Kotak Suara Kardus, Hasilnya


Mamuju, FMS - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mamuju sudah menerima logistik untuk penyelenggaraan Pemilu 2019 berupa 3.760 kotak suara berbahan karton atau kardus dan bilik suara dari KPU RI sebanyak 3008.

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang mengatakan, sejak tanggal 16 Oktober 2018, KPU Mamuju telah menerima kotak suara kardus serta bilik.

Ia menjelaskan, dari bilik suara yang diterima KPU Mamuju masih kekurangan. "Sisanya akan dikirimkan sesuai dengan jumlah yang ada," ujarnya, saat ditemui di kantornya, Rabu (19/12/2018).

Hamkah menuturkan, kotak suara berbahan kardus ini diklaim memiliki daya kekuatan 90 kilogram untuk menampung kertas suara dan tidak mudah patah.

"Kekuatan kotak suara berbahan kardus ini mampu menahan berat hingga 90 kilogram untuk kertas suara dan tidak patah," katanya.

Disebutkan, logistik yang diterima KPU Mamuju, semuanya dalam kondisi baik. "Semua baik, tidak ada yang rusak," pungkasnya.

Menurutnya, hingga kini, kotak suara kardus masih tersimpan dengan aman di gudang KPU Mamuju.

Baca juga: Hari Bela Negara, Bupati Mamuju Bacakan Pesan Presiden RI

Uji Coba Kotak Suara Kardus

Kotak suara berbahan karton kedap air masih ramai diperbincangkan. Pihak KPU Mamuju pun menguji kekuatan kotak suara Pemilu 2019 ini.

Didampingi anggota Komisioner, Ketua KPU Mamuju menguji kekuatan dari kotak suara kardus tersebut.

Hamdan memulai simulasi. Pertama, ia bersama anggota KPU, Amran, merakit kotak suara tersebut. Setelah kotak suara jadi, dia meminta salah seorang stafnya yang memiliki berat badan sekitar 80 kg untuk menduduki kotak suara kardus.

Hasilnya, kotak suara tersebut tidak jebol. Begitu pula saat Hamdan mencoba untuk berdiri diatas kotak suara kardus, kotak suara tersebut tetap kokoh.

Kemudian, Hamdan memperlihatkan lapisan plastik yang ada di kotak suara sebagai penahan air. Dia kemudian mengangkat kotak tersebut dan menunjukkan kepada wartawan bahwa kotak suara itu tidak tembus air.

"Selain kokoh, kotak suara kardus ini tahan air," ujarnya.

Hamdan menegaskan, kotak suara untuk Pemilu 2019 ini sangat kokoh. Dia berharap penggunaan kotak suara ini tidak dijadikan polemik. Apalagi pengadaan kotak suara ini menurutnya sudah melalui hasil rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR dan pemerintah.

Berikut video uji kekuatan kotak suara kardus


(ani)

Related

MAMUJU 3033938399723320812

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini