Tingkat Kesadaran Berhelm Rendah, Polantas Lakukan Pembinaan

MATENG, FMS - Satuan Lalulintas Polres Mamuju akan menindak tegas setiap pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm. Penindakan tersebut akan ditertibkan diwilayah Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.    

Terkait rencana ini, Polantas Polres Mamuju sedang menggalakkan sosialisasi tertib helm. Sasaran utama disepanjang jalan trans Sulawesi, Poros Mateng-Pasangkayu. "Wajib helm ini mulai kita sosialisasikan 1 Agustus, operasi kita gelar di beberapa titik dari Senin sampai Jumat," jelas petugas Polantas Bripka Iwan, Jumat (19/8).       

Menurut Iwan, sebagian masyarakat Mamuju Tengah masih minim tentang kesadaran berlalu lintas. Sebab itu diperlukan pembinaan demi keselamatan pengendara. Yang didapatkan tidak mengenakan helm diberikan pembinaan tentang pentingnya menggunakan peliundung kepala. "Sosialisasi ini mengacu pada UU 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan," urai Iwan.  

Petugas lain, Bripka Yunus mengaku senang sebab sejak sosialisasi dilaksanakan terjadi kemajuan. Pengendara sepeda motor di kabupaten termuda itu umumnya telah menggunakan helm. Ia berharapa kedepan sudah tidak ada lagi pengendara yang tidak menggunakan helm. 

Menurut Yunus, dua bulan kedepan penertiban helm akan ditegakkan. Jika masih ada yang tidak memakai helm tentu akan ditindak. "Wajib helm kan sudah disosialisasikan, jadi kalau masih melanggar langsung ditindak," tegasnya. (jamal/riz)

Related

MATENG 3536677999121918350

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini