Jalan Nasional Hampir Rampung, Mamasa Harus Segera Benahi Fasilitas Wisata

Kantor Bupati Mamasa (Foto: mamasakab.go.id)
Mamasa, fokusmetrosulbar.com --Kabupaten Mamasa sebagai kawasan destinasi andalan pariwisata Sulbar harus mulai berbenah. Pasalnya, jalan strategis nasional poros Polewali-Tabang dan Tabulahan-Mala'bo akan rampung pengerjaannya tahun 2018.

Peringatan itu dilontarkan Legislator Nasdem, Orsan Soleman, ketika ditemui di kediamannya, Jumat (17/3/17).

"Tahun ini poros Tabulahan-Mambi sudah 90 persen pengerjaannya, dan poros Mambi-Mala'bo kan sudah mulai dikerjakan bulan Juni mendatang, dengan anggaran sekitar 200 miliar lebih. Sedangakan dari arah Mamasa menuju Tabang sedang dikerjakan 6 kilometer, dan akan dirampungkan tahun 2018," katanya.

Orsan Soleman (foto: Kedi/fms)
Itu artinya, infrastruktur jalan utama menuju Mamasa yang selama ini dianggap penghambat berkembangnya pariwisata Mamasa akan segera teratasi, sehingga Ia mengingatkan agar siap dengan dampak positif yang akan ditimbulkan.

"Bayangkan kalau jalan ke Toraja sudah bagus melalui Tabang, turis yang dari Toraja akan ringan kakinya masuk Mamasa. Pertanyaannya sudah siapkah kita dengan kondisi tersebut?," ucapnya.

Orsan menjelaskan, kesiapan yang dimaksud mulai dari sumber daya manusia, sarana pendukung, dan infrastruktur di setiap objek wisata.

"Kan kurang elok ketika fasilitas prima kita tidak siapkan, translater bagi bule tidak stanby. Belum lagi road map tiap objek harus ada, dan banyak hal lain yang harus dipersiapkan," jelasnya.

Orsan menambahkan, adalah sesuatu yang ganjil jika berharap banyak pada sektor pariwisata namun tidak ada persiapan untuk itu.

Wakil Ketua II DPRD Mamasa ini berharap, ketika Mamasa ditetapkan sebagai kawasan pariwisata andalan Sulbar, itu diikuti dengan kebijakan yang akan mendorong perkembangan wisata di Mamasa. "Termasuk porsi anggarannya harus jelas dan dukungan pemerintah pusat," harapnya.(tfk/klp)

Related

MAMASA 4111226186051814548

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini