Ratusan Orang Ikuti Gerakan Tanam 15 Ribu Pohon di Makodim 1401 Majene

Tampak Personil TNI sedang mengangkut pohon lontara yang siap tanam. (Foto: Ist/FMS)
Majene, fokusmetrosulbar.com-- Sebanyak 15 ribu pohon lontara ditanam serentak, Rabu (24/5) di Tiga Provinsi di Wilayah Teritorial Kodam XIV Hasanuddin. Ketiga Provinsi itu, yakni Sulsel, Sultra dan Sulbar.

Di kabupaten Majene, Sulbar, acara tanam pohon dilaksanakan di Lokasi Lapangan Tembak Senapan di Muloku Lingkungan Deteng-deteng Kelurahan Totoli Kecamatan Banggae, Majene. Namun sebelumnya, terlebih dahulu diawali dengan Apel yang dilangsungkan di halaman Makodim 1401 Majene.

Dandim 1401 Majene, Letkol Inf. Rahman yang membacakan sambutan Pagdam XIV Hasanuddin mengatakan, agenda penanaman 15 ribu pohon ini melibatkan 15 ribu personil TNI. Ia juga menjelaskan bahwa penanaman pohon tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan.
Dandim 1401 Majene, Letkol Inf. Rahman dan Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan (Baju Putih) sedang menanam pohon lontara (Foto: Ist/FMS)

"Agenda penanaman 15 ribu pohon lontara ini melibatkan 15 personil, dilaksanakan secara serentak di tiga Provinsi, yakni Sulsel, Sultra dan Sulbar," kata Letkol Inf. Rahman.

Selain itu, lanjutnya, penanaman pohon khas yang tumbuh di daerah Sulawesi ini merupakan salah satu upaya mengangkat kearifan lokal dalam bingkai NKRI. "Mengingat bahwa tanaman ini banyak digunakan sebagai simbol-simbol termasuk juga digunakan oleh Kodam XIV Hasanuddin, maka diharapkan agar pohon yang ditanam ini dipelihara dan tumbuh subur seperti yang kita harapkan," terangnya.

Letkol Inf. Rahman menuturkan, pohon lontar yang menjadi lambang Kodam XIV Hasanuddin memeliki arti ketangguhan, keluhuran budi dan tanah air, termasuk ketaatan serta kepatuhan terhadap atasan.

Kegiatan tanam pohon yang dimulai pukul 07.00 WITA diawali dengan Apel yang dipimpin langsung Dandim 1401 Majene Letkol Inf Rahman serta Komandan Apel Kapten Inf Rahmad, disebut sebagai bagian dari peringatan HUT Kodam XIV Hanuddin yang ke 60 tahun 2017 dengan mengambil tema "Bersama Rakyat Kodam XIV/Hasanuddin Siap Mempertahankan NKRI."

Turut hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Majene M. Djasuli SP, MH para petinggi dan pimpinan unit Kodim 1401 Majene, Ibu-ibu Persit KCK Cabang XXXVI Dim 1401 Majene, pihak Kepolisian dari Polres Majene serta sejumlah Siswa SMA dan SMP Negeri di Kecamatan Banggae dan Banggae Timur Kabupaten Majene. (har)

Related

MAJENE 5530044319713683307

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini