Puasa Tak Halangi Semangat ASN Mamuju Ikuti Upacara Hari Pancasila

Mamuju, fokusmetrosulbar.com--Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni diperingati dengan upacara pengibaran bendera Sang Merah Putih, Kamis (1/6) di halaman Kantor Bupati Mamuju, Sulbar.

Meski bertepatan dengan hari kelima puasa ramadan 1438 H, namun tidak mengurangi antusias para ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk hadir memeriahkan hari lahir Pancasila.

Upacara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Mamuju H. Irwan SP Pababari, Kapolres AKBP. Muhammad Rifai, SH.,S.IK, Dandim 1418 Mamuju Letkol Arhanud M Imran, Kepala Kejaksaan Negeri Mamuju Muhammad Rabith, SH, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Mamuju serta seluruh peserta upacara dari ASN.

Wakil Bupati Irwan SP Pababari, yang menjadi Inspektur Upacara membacakan sambutan Presiden RI dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila. Ia mengatakan bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. "Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman," kata Irwan membacakan pidato Presiden Joko Widodo.

Dikatakan, bahwa dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Pun dari Miangas sampai Pulau Rote, adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. ltulah ke-bhinneka tunggal ika-an kita.

Oleh karena itu lanjutnya, semua elemen bangsa harus bersama-sama pemerintah mengaja Pancasila dan keutuhan negara RI.

"Peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat tuntuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila," katanya. (HMS-Lis/har)

Related

MAMUJU 5340856371358782229

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini