Wabup Harap Bahasa Mamuju Jadi Mata Pelajaran di SD dan SMP

Mamuju, fokusmetrosulbar.com--Menjelang hari jadi Kabupaten Mamuju ke 477, Pemda Mamuju bersama pemangku adat daerah membenahi kamus bahasa Mamuju yang terbit tahun 2014 lalu. Pembenahan kamus tersebut ditandai dengan berlangsungnya kegiatan Seminar Pemutakhiran dan Penyempurnaan Kamus Bahasa Mamuju, di salah satu ruang rapat D’maleo Hotel, Jumat (2/6).

Wakil Bupati Mamuju, H. Irwan SP. Pababari yang hadir membuka secara resmi seminar tersebut mengatakan, kegiatan pemutakhiran dan peyempurnaan kamus bahasa Mamuju merupakan bagian dari upaya untuk melestarikan bahasa daerah yang menjadi kekayaan budaya. Menurutnya, bahasa adalah alat dan perwujudan budaya untuk saling berkomunikasi baik secara lisan, tulisan maupun gerakan.

“Bahasa menjadi alat pemersatu dan memperkuat hubungan emosional, keakraban serta rasa solidaritas. Karena itu, saya Wakil Bupati Mamuju dan atas nama Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dimana ini merupakan bukti kepedulian kita terhadap pelestarian budaya dan kearifan lokal yang menjadi kebanggaan kita semua," papar Irwan.

Mantan Wakil Ketua DPRD Mamuju ini berharap, kamus bahasa Mamuju menjadi acuan perbendaharaan untuk membantu setiap generasi muda dalam mengenal kata, makna dan cara pengucapan bahasa daerah. Ia juga menyampaikan, agar kiranya bahasa daerah Mamuju dapat menjadi salah satu mata pelajaran muatan lokal di sekolah khususnya tingkatan SD dan SMP. (Hms-Dia/har)

Related

MAMUJU 6839993942636213913

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini