Dinas Pertanian Sulbar Latih 100 Petani Sawit

Pembukaan Pelatihan Petani Sawit Diikuti dua Kabupaten (Foto: Indra Anwar/FMS)
Mamuju Utara, fokusmetrosulbar.com-- Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat mengudang 100 orang petani dari dua kabupaten untuk mendapat Pembinaan  Penanganan Pascapanen Kelapa Sawit Program Peningkatan Nilai Tambah, Daya Saing dan Pemasaran Hasil Pertanian di hotel Devonder, Pasangkayu.

Ketua pantia Busman dalam laporannya menyampaikan bahwa petani yang diundang berasal dari Kabupaten Mamuju Utara dan Mamuju Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk berdaya saing dan berkelanjutan petani sawit.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulbar, Hamzah berharap dengan pembinaan ini petani dapat menjalankan usahanya dengan terampil. "Tentu hasil produksinya bisa menjadi berkualitas," katanya.

Lebih lanjut Hamzah menyatakan dipilihnya sawit karena kelapa sawit salah satu komoditas saat ini sangat berkembang di tengah masyarakat

"Kegiatan dilaksanakan dalam dua hari ini dimulai tanggal 27 sampai 29 Juli. Kita padukan antara teori dan praktek," ungkapnya Kamis (27/7).

Hal senada dikatakan Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Sulawesi Barat Abd.Waris. Dia menyatakan bahwa pada dasarnya petani sudah tahu cara panen, tetapi faktanya hasil panen ketika masuk di pabrik masih juga kena potongan atau sourtasi.

"Contohnya jika tangkainya masih 5 centi sementara dianjurkan hanya 3 centi, jadi itu kena potongan dan biasanya di pabrik itu jika buah mentah tidak akan diproses," ujarnya.

Waris, berharap pihaknya akan terus mencoba memberikan pemahaman kepada mereka (petani, red), agar mereka paham sehingga memperkecil sourtasi yang ada di pabrik

"Kita tidak mau, jika petani kita dipermainkan harga TBS-nya," ujarnya. (ind/har)

BERITA LAINNYA

PASANGKAYU 6417846771809942463

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item