Sekolah Unggulan Mamuju Berangkatkan Siswa ke Kampung Inggris, Kediri

Mamuju, fokusmetrosulbar.com - Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Mamuju, pemerintah kabupaten (Pemkab) memiliki salah satu program unggulan. Yakni, pendirian sekolah unggulan di Ibukota provinsi ini.

Melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, hal tersebut terealisasikan dengan dibangunnya SMP 4 Simboro Unggulan, Mamuju, yang berlokasi di Kecamatan Simboro tepat di belakang Kantor KPUD Kabupaten Mamuju.

Sebagai langkah awal peningkatan kualitas pendidikan, sebanyak 40 siswa SMP 4 Simboro yang lolos seleksi telah diberangkatkan ke Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur, yang terkenal dengan julukan Kampung Inggris. Setibanya di sana, para siswa akan kursus Bahasa Inggris. 

"Sepulang dari kursus, para siswa dan guru pendamping dapat menerapkan penggunaan Bahasa Inggris dilingkungan sekolah,” harap Bupati Habsi, seusai melepas rombongan siswa dan guru pendamping di Kantor Bupati Mamuju, Senin (24/07).

Habsi menambahkan, kedepannya, sekolah unggulan ini akan terus dikembangkan. Bukan hanya menyiapkan sekolah, tapi juga menyiapkan asrama sehingga para siswa dapat fokus belajar. 

"Dengan adanya sekolah unggulan ini, dapat menjadi contoh bagi sekolah lain yang ada di Mamuju. Sehingga, kualitas pendidikan bisa lebih baik lagi," terang Habsi Wahid.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Murniani yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan, proses seleksi bagi para siswa di SMP Unggulan berasal dari siswa/siswi berprestasi. Yakni, peringkat 1 sampai 10 yang kemudian disaring untuk menjadi peserta didik di sekolah unggulan tersebut.

“Untuk gurunya, kami juga melakukan proses seleksi. Tim seleksi itu dari Disdikpora. Salah satu kriteria, adalah komitmen dari guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan,” ujar Murniani.

Murniani menjelaskan, karena masih dalam tahap pembangunan gedung sekolah. Untuk sementara, SMP 4 Simboro Unggulan Mamuju ini menggunakan tiga ruang kelas baru (RKB) di SD 3 Simboro. Dimana, dua RKB untuk siswa dan satu RKB untuk guru.

Salah satu siswa yang diberangkatkan kursus, Muh Naufal Ammar, mengaku sangat senang karena mendapat apresiasi dari Pemkab Mamuju dengan memberikan kesempatan belajar di Kampung Inggris. 

“Harapannya, kami akan lebih baik lagi dan menjadi generasi maju di Mamuju,” kata Naufal. (hms-ran)

BERITA LAINNYA

MAMUJU 8835252207433609025

Komentar Anda

emo-but-icon

VIRAL MINGGU INI

item