Dikbud Mateng Gelar Lomba Cipta Lagu Daerah

Salah seorang peserta tampil dalam lomba cipta lagu daerah Mateng. (Foto: Jamal Tanniewa/ FMS)
Mateng, fokusmeteosulbar.com--Minim lagu daerah, kali kedua Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Mamuju Tengah adakan audisi lomba cipta lagu daerah asal Mateng.

Ketua panitia pelaksana, Sarqawi mengatakan, tiga jenis lagu yang dilombakan untuk mengembangkan sekaligus memperkenalkan bahasa daerah asal Bumi lalla Tassisara ini.

"Nantinya, yang masuk nominasi sebagai pemenang akan dipopulerkan sebagai lagu daerah Mateng, " kata panitia Awi, sapaan Sarqawi.

Lomba cipta lagu, berbahasa Topoyo, Mamuju dan Tobadak diikuti 20 peserta yang lolos seleksi, saat ini mereka tampil dengan lagu lokal.

Salah seorang peserta,  Rezki mengatakan, dirinya tampil sebagai putra daerah dan menampilkan lagu ciptaannya 'napanggeleha' yang berarti kerinduan, juga lagu ciptaan Kiswan Wahab, 'akku ikko' (aku dan kamu). Kedua lagu berbahasa Topoyo itu menceritakan kerinduan masa lalu dan 'akku ikko' bercerita tentang sepasang kekasih masa kini.

"Lagu ciptaan saya tentang kerinduan masa lalu," singkat Rezki, Sabtu (19/8)

Ditambahkan Kiswan, dirinya menciptakan lagu derah sesuai dengan karakter dan kehidupan di Mateng.

"Kita bercerita tentang kehidupan, apakah itu masa lalu atau sekarang," ucapnya.

Keduanya berprestasi pada lomba tahun lalu, ciptaan Rezky juara III sedangkan Kiswan juara II sebagai pemenang lomba cipta lagu daerah tahun 2016. (jml/har)

Related

MATENG 3378561870797581575

Post a Comment

emo-but-icon

FOKUS METRO SULBAR

BERITA Populer Minggu Ini

item
close
Banner iklan disini